Berita

    Apa Itu Blind Spot pada Mobil dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

    Blind spot merupakan sebuah istilah dalam berkendara di lalu lintas yang dimiliki oleh sebuah kendaraan dan perlu perlu dihindari oleh kendaraan lain untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

    Beberapa kendaraan, termasuk salah satunya mobil memiliki area tak terlihat dari kursi pengemudi ini yang perlu dihindari oleh pengemudi kendaraan lain.

    Lebih lengkapnya pada artikel ini akan dibahas mengenai konsep dari area tak terlihat pada mobil serta cara mengatasinya agar bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas.

    Blind Spot pada Mobil

    Seperti yang sudah disebutkan, masing-masing kendaraan, termasuk mobil memiliki area titik buta atau area tak terlihat dari kacamata pengemudi. 

    Karenanya, kendaraan lain perlu menghindari area tersebut sebab kendaraan yang berkendara di titik buta mobil tidak akan terlihat oleh supir yang membuat risiko kecelakaan menjadi lebih besar.

    Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa blind spot adalah sebuah area di sekitar mobil yang tidak dapat dijangkau oleh penglihatan supir. Umumnya, semakin besar ukuran kendaraan, maka area yang tidak terlihat oleh supir juga akan semakin besar.

    Pada kendaraan mobil, blindspot yang perlu dihindari oleh pengendara lain ialah area-area sebagai berikut.

    • Tepat di Belakang Mobil

    Titik buta pertama yang dimiliki oleh mobil yang perlu dihindari oleh pengendara lain ialah area tepat di belakang mobil.

    Titik ini perlu sekali dihindari, terlebih jika Anda berkendara di belakang mobil dengan jenis mobil box yang area belakangnya tertutup alih-alih kaca, sehingga tidak dapat dipantau oleh supir.

    • Sisi Samping Belakang (Kanan-Kiri)

    Area yang juga tidak dapat terlihat secara jelas oleh supir mobil, ialah area sisi samping bagian belakang mobil, baik di sisi kanan maupun di sisi kiri.

    Area ini sebaiknya dihindari oleh pengguna jalan yang lain sebab jarak pandang sopir ke area belakang ini lebih terbatas, terlebih jika mobilnya memiliki ukuran pilar yang tebal.

    • Area ¼ Belakang Mobil

    Kemudian, jika mobil dalam posisi hendak berbelok, pengemudi atau pengguna jalan yang lain perlu menghindari area ¼ belakang mobil ini.

    Pasalnya area ini menjadi area yang terbilang rawan untuk menimbulkan benturan saat sedang berbelok.

    Cara Mengatasi Area Blind Spot pada Mobil

    Setelah mengetahui area mana saja yang menjadi titik buta yang tidak terlihat oleh supir mobil, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi titik buta tersebut.