Berita

    Simak Tips Membuat Mobil Berkilau

    Memiliki mobil berkilau pasti menjadi impian setiap orang. Supaya tetap percaya diri untuk mengendarai mobil kemana saja. Tak perlu mobil baru, kendaraan lama pun juga bisa kok untuk dibuat bersih dan kinclong. 

    Kuncinya adalah merawat kebersihan mobil setiap hari. Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut supaya mobil tampak bersih dan berkilau.

    Rangkaian Perawatan Agar Mobil Berkilau

    Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan mobil. Baik secara sederhana, maupun perawatan yang membutuhkan tenaga ahli.

            1. Cuci Mobil

    Salah satu cara untuk menjaga kebersihan kendaraan adalah dengan melakukan cuci mobil. Baik pada bagian dalam maupun luar mobil.

    Untuk perawatan harian, Anda bisa membersihkan debu mobil dengan menggunakan lap yang lembut seperti microfiber. Lakukan setiap pagi sebelum berkendara.

    Hal lain, Anda bisa mencuci mobil rutin setiap minimal 15 hari sekali dengan air tekanan tinggi. Supaya debu dan kotoran yang menempel di tempat tersembunyi sekalipun bisa hilang.

    Kemudian jangan lupa untuk menggunakan sabun khusus pencuci mobil. Supaya warna cat tidak kusam karena sabun yang tidak cocok.

            2. Claying

    Berikutnya adalah melakukan detailing clay. Cara ini hanya bisa Anda temui jika membawa ke salon mobil. Fungsinya untuk menghilangkan debu atau noda yang masih tertinggal meski telah dicuci.

    Pasti Anda merasa jika mencuci saja masih meninggalkan sisa debu, bekas air dan juga noda membandel. Maka dari itu, claying inilah yang mampu untuk menghilangkan debu tersebut.

    Cara ini juga menjadi langkah berikutnya, supaya mobil bisa dilakukan wax and polish. Agar mobil berkilau seperti baru lagi.

            3. Poles

    Setelah melakukan claying, saat Anda memoles mobil. Tujuan dari pemolesan ini adalah untuk menghilangkan lapisan terluar dari cat yang telah rusak. Lapisan inilah yang membuat mobil tampak kusam. 

    Proses poles bisa Anda lakukan di rumah ataupun salon mobil. Apabila Anda merupakan orang yang telaten, tidak ada salahnya untuk melakukan proses pemolesan di rumah. Namun jika tidak, sebaiknya bawa ke salon mobil profesional.

    Untuk melakukan pemolesan di rumah, pastikan Anda memiliki bahan dan alat yang memadai. Seperti cairan untuk memoles, hingga kain lap halus dan juga kasar.

    Cara sederhana yang bisa dilakukan:

    • Beri olesan agresif supaya goresan pada cat mobil bisa hilang;
    • Kemudian poles mobil secara lembut dengan tenaga yang medium, untuk memastikan bekas goresan telah hilang;
    • Terakhir dengan memberikan polesan yang sangat lembut dan halus, untuk menyempurnakan tahapan poles.