Berita

    7 Jenis Kunci Momen

    Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kunci momen. Alat yang memiliki nama lain torque wrench ini dapat mengukur tingkat kekencangan baut atau mur pada kendaraan Anda.

    Ring, socket dan pas adalah alat yang biasanya digunakan pertama kali ketika ingin mengunci mur dan baut. Pada tahap akhir, barulah Fungsi kunci momen dapat diaplikasikan. Unit differensial dan kepala silinder yang terdapat pada mesin dapat disetel dengan alat ini.

    Anda dapat menemukan berbagai macam torque wrench dalam kehidupan sehari-hari. Semua Jenis alat ini  memiliki karakteristik tersendiri. Anda dapat melihat jenis dan cara menggunakan kunci momen pada penjelasan berikut ini.

            1. Deflecting Beam

    Anda akan menemukan satuan Nm pada jarum penunjuk jenis kunci momen deflecting beam ini. Penggunaan alat ini terbilang mudah. Nantinya tingkat kekencangan mur dan baut didasarkan pada pergerakan jarum penunjuk tersebut.

    Namun, alat ini memiliki kelemahan. Hasil yang didapatkan bisa saja kurang akurat. Ini dikarenakan posisi baca pengukuran yang tegak lurus dinilai kurang ideal.

            2. Micrometer Clicker

    Alat ini memiliki tangkai yang dapat digunakan untuk mengatur kekencangan mur dan baut. Alat ini tidak memiliki nilai ukur sehingga tingkat keakuratannya lebih tinggi. Kekencangan dapat diukur dengan mendengar suara klik saat menggunakannya.

    Terdapat dua cara dalam penggunaannya yakni satu putaran searah jarum jam atau dua arah putaran berlawanan jarum jam. Sering-seringlah untuk melakukan kalibrasi yang berguna untuk mengoptimalkan hasil penggunaan.

            3. Hidrolik

    Meskipun memiliki bobot yang ringan, hasil dari penggunaannya tidak mengecewakan. Seperti namanya, pemanfaatan tenaga hidrolik akan dilakukan saat melakukan pengencangan baut dan dapat mengencangkan baut sekaligus dengan menggunakan satu power pack.

    Sekitar tahun 1960, alat ini dikeluarkan dengan bentuk yang masih kolot. Kemudian bentuk serta fungsinya semakin dikembangkan seiring berjalannya waktu. Ini juga menandakan telah terjadi kemajuan yang tinggi pada bidang teknologi.

            4. Digital

    Kunci momen digital dan deflecting beam memiliki kesamaan yaitu menggunakan skala pengukuran. Namun, tingkat keakuratan pada digital lebih tinggi karena menggunakan elektronik. Hal ini dapat mengurangi sedikit rasa khawatir mengenai akan terjadinya kesalahan.