Berita

    Bagian Buku Manual Mobil yang Perlu Dibaca

    Sewaktu membeli kendaraan baru, sudah pasti Anda akan memperoleh buku manual mobil. Gunanya, untuk mendapatkan instruksi tentang perawatan dan pemeliharaan kendaraan ketika terjadi kerusakan. 

    Namun, banyak pengendara yang masih mengabaikan buku penting tersebut. Bahkan, enggan untuk membaca isinya. Tahukah Anda seberapa penting isi buku manual mobil itu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan atau di rumah? 

    Untuk membantu Anda dan para pengemudi lain dalam memahami isi yang terdapat dalam buku manual mobil, berikut ringkasan hal-hal yang patut dibaca dan diingat. 

            1. Pengaturan awal mobil yang baru dibeli

    Setiap tahun, mobil menambahkan lebih banyak fitur teknologi, banyak di antaranya memerlukan sedikit pengaturan di pihak pemilik. 

    Sistem ini mencakup hal-hal seperti entri tanpa kunci, pencahayaan tertunda, dan bahkan ambang desibel sistem suara. Tanpa panduan dari buku manual, pengaturan awal ini bisa membingungkan. Terlebih ketika Anda hanya berpatok dari pengalaman dari mobil keluaran lama. 

    Namun, dengan membaca buku manual, pengaturan itu bisa menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan. 

            2. Cara memeriksa cairan seperti bahan bakar atau oli

    Anda setidaknya mengetahui, ada beberapa cairan dalam mobil yang harus diperiksa dalam keadaan panas, sementara yang lain akan memberikan hasil yang lebih akurat bila diperiksa sewaktu dingin. 

    Lebih penting lagi, dengan membaca buku manual, Anda akan bisa menemukan letak penyimpanan bahan bakar atau oli serta mengetahui cara mengoperasikannya. Sebab, tiap model mobil akan memiliki lokasi yang berbeda-beda. 

            3. Adanya saran untuk praktik mengemudi yang lebih baik

    Karena setiap kendaraan memiliki kelemahannya sendiri, ada cara ideal untuk mengemudikan mobil yang mungkin cocok atau tidak sesuai dengan gaya mengemudi Anda saat ini. 

    Ini sangat penting selama "periode break-in" mobil, yang biasanya berlaku untuk 1.000 mil pertama. Buku manual mobil kemungkinan besar menguraikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan pada periode ini, serta saran berharga tentang cara mengoptimalkan jarak tempuh atau meningkatkan keselamatan.

            4. Langkah-langkah untuk mengatasi masalah umum yang terjadi pada mobil