Berita

    Featured Image

    Libur Kemerdekaan! 7 Ide Unik Liburan Bersama Keluarga

    Salah satu tips liburan keluarga di Hari Kemerdekaan yang wajib dilakukan yaitu mengikuti upacara bendera. Jangan lupa ajak anak-anak untuk mengikutinya, supaya mereka bisa mengenang jasa pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya.

    Selain mengikuti upacara bendera, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewarnai hari libur Kemerdekaan bersama keluarga tercinta. Berikut rekomendasi ide unik untuk mengisi hari libur HUT RI. 

    Tips Liburan Keluarga untuk Mengisi Hari Libur Kemerdekaan 

    Hari libur Kemerdekaan harus diisi dengan kegiatan positif yang mampu mempererat hubungan keluarga dan hal-hal yang mampu meningkatkan rasa nasionalisme. Berikut beberapa ide kegiatan positif untuk mengisi hari libur Kemerdekaan bersama keluarga.

    • Menonton Film Perjuangan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan

    Menyaksikan film perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan bisa menjadi ide yang tepat untuk mengisi hari libur HUT RI. Meski terlihat simpel kegiatan ini bisa membawa dampak positif terutama bagi anak-anak. 

    Anda dan keluarga dapat mengetahui beratnya perjuangan yang dilalui oleh tokoh-tokoh kemerdekaan pada saat itu. Film menjadi media yang efisien untuk memperkenalkan sejarah bangsa kepada anak-anak. 

    Rekomendasi film yang tepat untuk mengisi libur Kemerdekaan di antaranya yaitu Jendral Sudirman, Soekarno: Indonesia Merdeka (Soekarno), Guru Bangsa: Tjokroaminoto, dan Kartini.

    • Mendekorasi Rumah dengan Nuansa 17-an

    Selain menonton film tokoh-tokoh kemerdekaan, kegiatan seru lain yang bisa dicoba yaitu mendekorasi rumah dengan nuansa 17-an.

    Memasang tirai jendela berwarna merah putih, menghias eksterior dengan lampu gemerlap, dan membuat kreasi hiasan bernuansa kemerdekaan dari barang-barang bekas.

    • Memasak Masakan Khas Nusantara

    Tips liburan keluarga di Hari Kemerdekaan selanjutnya yaitu memasak bersama membuat hidangan khas Nusantara. 

    Beberapa menu masakan yang cocok untuk merayakan hari bahagia ini di antaranya nasi tumpeng, bubur manis, ketan sepit, klepon, jajanan berwarna merah putih, dan teluk abang. 

    • Cerdas Cermat Bertema Kemerdekaan

    Jika ingin mengasah pengetahuan anak-anak, Anda bisa membuat cerdas cermat bertema kemerdekaan. 

    Agar lebih bersemangat siapakah hadiah bagi yang berhasil menjawab soal dengan benar. Tidak perlu menyiapkan hadiah mahal, yang penting momen kebersamaannya terasa hangat.

    • Pergi ke Museum

    Jika keluarga suka bepergian, Anda bisa mengajak mereka mengunjungi museum. Selain film, museum juga menjadi media yang tepat untuk memperkenalkan sejarah perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan ke anak.  

    Di museum, anak-anak bisa melihat secara langsung wujud asli barang-barang peninggalan pejuang kemerdekaan. Mulai dari senjata perang, baju perang, kendaraan/transportasi jaman dulu, dan benda-benda menarik lainnya. 

    • Mengunjungi Tempat Wisata

    Setelah puas menjelajahi barang-barang bersejarah di museum, coba manjakan keluarga Anda dengan mengajaknya pergi ke tempat wisata. Seperti kebun binatang, taman bermain, water park, atau wisata edukasi untuk menambah pengetahuan anak.

    Mengunjungi tempat wisata favorit anak bisa menjadi ide yang cemerlang untuk hadiah cerdas cermat bertema kemerdekaan. 

    • Staycation untuk Menikmati Suasana Baru

    Jika belum memiliki anak, Anda bisa mengajak pasangan menikmati hari libur Kemerdekaan dengan staycation ke kota-kota terdekat. Menikmati suasana baru dengan menginap di resort, hotel, atau vila akan membantu merilekskan pikiran.

    Saat mendekati perayaan HUT RI , biasanya banyak platform booking hotel yang menawarkan promo-promo besar-besaran. Gunakan kesempatan tersebut untuk menikmati liburan menyenangkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.