Berita

    Ketahui Jarak Aman Berkendara Mobil

    Jarak aman berkendara mobil merupakan suatu hal yang wajib untuk Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa menjaga keselamatan diri sendiri maupun penumpang yang tengah berada di dalam mobil. Tentunya supaya terhindar dari kecelakaan dan bahaya lainnya.

    Nah, sudahkah Anda mengetahui tentang jarak aman dalam berkendara mobil? Jika belum, maka segeralah cari tahu! Artikel ini akan membantu Anda mengetahui dan memahami seputar hal tersebut. Jadi, sebaiknya jangan lewatkan informasi berikut. 

    Alasan Mengapa Harus Memahami Jarak Aman Berkendara Mobil

    Terdapat sejumlah urgensi mengapa Anda dituntut untuk memahami jarak aman dalam berkendara mobil. Ingin tahu apa sajakah itu? Yuk, intip 2 poin beserta penjelasannya dalam artikel ini!

    • Menekan Risiko Kecelakaan

    Salah satu urgensi mengapa mobil wajib menjaga jarak aman berkendara dengan kendaraan lain yakni supaya aman saat berkendara dan pastinya untuk mencegah terjadinya kecelakaan beruntun di jalanan. 

    Sebab, jarak kendaraan satu sama lain yang terlalu dekat bisa memicu tabrakan yang bersambung – dimana pemicunya adalah kegagalan mobil untuk berhenti tepat waktu dalam jarak yang sempit.

    • Menghindari Blind Spot

    Urgensi lainnya mengapa pengendara mobil wajib menjaga jarak yaitu supaya bisa menghindari daerah blind spot suatu kendaraan. Melalui penjagaan jarak yang aman, maka kendaraan dapat mengetahui mobil Anda yang berada di belakang.

    Selain itu, sebagai pengemudi mobil yang berada di belakang, penjagaan jarak bisa sangat menguntungkan karena pengereman mendadak bisa dilakukan dengan aman dan menyalip kendaraan di depan bisa lebih aman. 

    Jarak Aman Saat Berkendara di Jalan Raya

    Anda perlu mengetahui bahwa jarak ideal atau aman dalam berkendara diatur dalam UU atau Undang-Undang tentang Cara Berlalu Lintas dalam Pasal 62 PP nomor 43 Tahun 1993. Aturan itu menjelaskan tentang jarak aman dan minimal berkendara dari Kemenhub. 

    Supaya Anda bisa memahami lebih jelas mengenai jarak yang aman untuk berkendara di jalan, serta mempraktekkannya dengan benar, maka sebaiknya ikuti poin-poin dan penjelasan ringkasnya di bawah ini. 

    • Jarak Minimal dalam Berkendara

    Ini adalah ukuran yang terdekat, baik dengan kendaraan di depan maupun belakang. Masing-masing pengemudi dilarang melampaui jarak minimal itu, sebab tinggi risiko memicu kecelakaan. Berikut kecepatan dan jarak minimal masing-masing:

    1. Kecepatan 30 km/jam = Jarak minimal 15 meter
    2. Kecepatan 40 km/jam = Jarak minimal 20 meter
    3. Kecepatan 50 km/jam = Jarak minimal 25 meter
    4. Kecepatan 60 km/jam = Jarak minimal 40 meter
    5. Kecepatan 70 km/jam = Jarak minimal 50 meter
    6. Kecepatan 80 km/jam = Jarak minimal 60 meter
    7. Kecepatan 90 km/jam = Jarak minimal 70 meter
    8. Kecepatan 100 km/jam = Jarak minimal 80 meter
    • Jarak Aman dalam Berkendara