Berita

    Inilah Penyebab Bunyi Gluduk Pada Kaki - Kaki Mobil

    Bunyi gluduk pada mobil mungkin saja terdengar pada saat Anda melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Tentu saja munculnya bunyi ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan Anda. Pada jalanan yang bergelombang atau tidak rata, muncul bunyi seolah ada barang yang bergoncang dari arah kaki-kaki mobil. Normalkah bunyi tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan mengenai penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk ini.

    Berbagai Penyebab Bunyi Gluduk Pada Kaki Kaki Mobil

    Mobil yang normal tidak hanya nyaman karena ruang kabin memiliki AC yang dingin dan irit. Namun banyak sekali komponen pembangun mobil yang kondisinya harus tetap bagus. Mobil akan menjadi tidak nyaman ketika suspensinya mengalami masalah. Lalu apa saja penyebab bunyi gluduk pada kaki mobil yang perlu diperhatikan? Dengan mengenali penyebab ini Anda bisa lebih cepat dalam memperbaiki sehingga mobil akan bekerja secara normal kembali.

    • Keausan pada long tie rod

    Long tie rod adalah komponen yang terdiri atas tie rod, ball joint, dan rack end. Ketiganya bersinergi agar gerak kaki-kaki mobil bisa tetap selaras dengan gerak setir. Namun, jika long tie rod atau salah satu komponennya aus, setelan pun menjadi longgar. Akibatnya, timbul bunyi gluduk gluduk dan hal itu menjadi penyebab setir mobil berat.

    Bagaimana long tie rod bisa aus? Biasanya, kondisi ini disebabkan cara mengemudi yang tidak tepat saat melintasi jalan rusak. Jika melintasi jalan rusak dengan kecepatan tinggi, long tie rod akan menerima beban yang amat berat. Beban tersebut bisa menyebabkan komponen saling bertabrakan dan kemudian aus. Untuk itu, sebaiknya anda selalu menjaga kecepatan saat melintas di jalanan rusak.

    • Karet bushing arm menipis

    Bushing swing arm adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menahan getaran dari ban mobil dan mesin mobil. Bentuknya mirip botol dengan pipa besi berlapis karet di dalamnya. Umumnya, sebuah mobil memiliki delapan buah bushing arm, empat di bagian depan dan empat di bagian belakang. Ternyata, komponen ini juga bisa menjadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk.

    Bunyi gluduk gluduk akan terdengar jika karet pada bushing arm telah menipis. Dalam beberapa kasus yang parah, bahkan ditemukan bushing arm sudah benar-benar rusak dan lapisan karetnya hilang. Untuk mengatasinya, tidak ada cara selain mengganti karet bushing arm dengan yang baru.  

    • Bushing stabilizer longgar