Berita

    Wajib Tahu! Ini Batas Kecepatan di Jalan Tol

    Aturan batas kecepatan saat berkendara sebaiknya memang dipatuhi dan dipahami oleh semua pengguna jalan. Apalagi di jalan tol, tempat dimana para pengemudi umumnya akan berkendara dengan kecepatan tinggi. 

    Fasilitas jalan tol memang didesain bebas hambatan sehingga memungkinkan pengguna jalan untuk berkendara lebih leluasa. Bagaimanapun juga pengguna jalan tetap harus mematuhi aturan kecepatan demi keselamatan bersama. 

    Batas Kecepatan di Jalan Tol

    Meskipun bebas dari hambatan, namun jalan tol sama saja seperti jalan raya pada umumnya. Di tempat ini para pengemudi tetap harus berkendara dengan aman dengan batas laju sesuai aturan yang berlaku. 
    Hal ini sangat penting untuk dipahami oleh semua pengguna jalan tol. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika semua pengendara mengemudikan mobil dengan kecepatan sesuka hati mereka. 

    Sudah pasti kondisi seperti ini akan menimbulkan bahaya bagi semua pengguna jalan tol. Tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, namun juga orang lain dan bisa memicu terjadinya kecelakaan. 

    Sebenarnya aturan batas kecepatan selama berkendara di jalan tol sudah diatur melalui Undang-Undang. Anda bisa melihatnya lewat UU No.22 Tahun 2009 pasal 21 ayat 4 yang membahas tentang aturan kecepatan minimal dan maksimal di jalan tol. 

    Menurut pasal tersebut, pengendara bisa melaju di jalan tol dengan kecepatan minimal 60 km/jam. Sementara itu kecepatan maksimal yang bisa mereka gunakan adalah 100 hingga 120 km/jam. 

    Sebenarnya jalan tol sudah dilengkapi informasi mengenai aturan kecepatan tersebut. Jika Anda melaju di jalan tol, Anda bisa melihat banyak papan informasi yang mengingatkan batas minimal dan maksimal kecepatan. 

    Orang yang fokus berkendara di jalan tol pasti akan menemukan papan informasi tersebut. Mereka juga tentunya akan lebih mudah patuh sehingga tidak melanggar batas maksimal selama berkendara. 

    Pentingnya Mematuhi Batas Laju Berkendara

    Aturan batas kecepatan berkendara menggunakan mobil di jalan tol adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh semua pengemudi. Tidak hanya asal mengemudikan mobil, mereka harus tahu aturan keselamatan tersebut. 

    Setiap orang yang menggunakan jalan tol sebaiknya berkendara dengan kecepatan yang aman. Hal ini dilakukan demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain yang juga berkendara di jalan tersebut. 

    Aturan di jalan tol menjadi sangat penting untuk dipatuhi mengingat fasilitas ini bebas hambatan dan rambu lalu lintas. Umumnya pengemudi memilih jalan tol agar bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan.