Berita

    Tips! Cara Menerjang Genangan Air dengan Aman

    Ketika sudah memasuki musim penghujan, maka biasanya ada banyak genangan air di sepanjang jalan, terlebih jika jalanan tersebut kurang mulus. Seringkali, Anda mungkin terpaksa menerjang genangan air tersebut, meski sudah tahu berbagai risikonya.

    Sebenarnya, ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan jika memang terpaksa melewati genangan tersebut, jangan lewatkan penjelasannya dalam artikel ini!

    Tips Menerjang Genangan Air

    Mobil yang melewati genangan air memang bisa memiliki berbagai risiko, salah satunya risiko kerusakan terhadap komponen tertentu. Maka dari itu, sebaiknya memang Anda selalu berusaha untuk menghindari genangan air ketika sedang berkendara.

    Namun, hal tersebut seringkali tidak bisa dilakukan, sehingga meski tidak mau, Anda harus tetap menerjangnya. Jika hal tersebut terjadi, maka ada berbagai hal yang sebaiknya diperhatikan dengan baik.

    Di bawah ini adalah berbagai tips yang bisa dilakukan jika Anda terpaksa untuk melintasi genangan air, pastikan bahwa mobil Anda terjaga semaksimal mungkin!

    • Memahami Berbagai Komponen yang Berisiko jika Terkena Genangan

    Tips pertama yang penting untuk dilakukan yaitu memahami berbagai jenis komponen yang rawan rusak jika terkena genangan air. Dengan memahami berbagai komponen tersebut, maka Anda bisa lebih berhati-hati dalam melaju di jalanan berair.

    Pada dasarnya, komponen mobil yang sangat rentan mengalami masalah yang satu ini yaitu bagian air intake.

    • Perhatikan Momentum dan Kecepatan

    Tips kedua dalam menerjang genangan air yaitu Anda perlu memperhatikan kecepatan dan momentumnya. Aturlah kecepatan mobil supaya tidak terlalu cepat, misalnya berada di kecepatan ideal yaitu antara 10 sampai 15 kilometer per jam.

    Jaga kecepatan mobil pada angka tersebut dan usahakan dipertahankan secara konstan. Jika Anda melaju terlalu cepat, maka bisa berisiko membuat mesin mobil menjadi mati mendadak.

    Namun, jika hal tersebut ternyata terjadi di tengah genangan air, maka pastikan bahwa Anda tetap tenang dan tidak panik. Jangan memaksa mesin untuk hidup dalam kondisi tersebut, karena besar kemungkinan air sudah masuk ke bagian mesin mobil.

    Pada kondisi tersebut, solusi paling tepat yaitu membawa mobil ke bengkel dengan menggunakan derek. Dengan membawanya ke bengkel, maka mobil akan mendapat perawatan yang tepat. Komponen yang rusak bisa segera diperbaiki dan kerusakan yang lebih parah bisa dicegah semaksimal mungkin,

    • Jangan Lupa untuk Segera Melakukan Pengecekan Komponen

    Jika Anda sudah berhasil menerjang genangan, maka sebaiknya jangan menganggap hal tersebut sudah selesai dengan aman.

     

    mengecek komponen mobilPexels.com

    Ada baiknya, Anda segera melakukan berbagai pengecekan yang diperlukan, terlebih untuk komponen yang rawan terkena genangan air. Apabila Anda merasa tidak terlalu paham tentang otomotif atau hal-hal yang berbau mesin mobil, maka bisa memeriksakan kondisinya ke bengkel resmi terdekat. Dengan begitu, akan dilakukan berbagai pengecekan yang diperlukan, sehingga Anda bisa tahu apakah ada kerusakan tertentu atau tidak.

    • Melakukan Pembersihan Berbagai Komponen

    Masih terkait dengan poin sebelumnya tentang pengecekan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu melakukan pembersihan. Untuk berbagai komponen eksterior, Anda bisa melakukan pembersihan dengan cara mencuci mobil seperti biasanya. Namun, ada berbagai komponen yang membutuhkan cara khusus untuk proses pembersihannya. Misalnya, sistem kelistrikan mobil, suspensi, dan rem. Pembersihan komponen ini biasanya dilakukan di bengkel, sekaligus dengan melakukan pengecekan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

    Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan jika memang harus melintasi berbagai genangan air ketika sedang berkendara. Tentunya, hal ini memang memiliki risiko, namun dapat diminimalisir dengan berbagai cara, misalnya dengan tips di atas.