Berita

    Simak Jenis-Jenis Power Tools Mobil dan Fungsinya

    Mungkin sering Anda perhatikan, saat seorang mekanik memperbaiki mobil, ia menggunakan berbagai hand tool yang membantunya bekerja. Salah satunya adalah power tools mobil. Alat ini merupakan sejenis peralatan yang digerakkan dengan bantuan energi listrik atau tekanan udara yang disebut pneumatika.

    Penggunaan peralatan seperti ini membuat proses pengerjaan perbaikan mobil jadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, hasilnya pun lebih baik.

    Jenis-jenis Power Tools Mobil dan Fungsinya

    Ada banyak jenis peralatan yang termasuk power tools di dunia perbengkelan mobil. Selain itu, mereka memiliki fungsinya masing-masing. Di bengkel otomotif misalnya, para mekanik sering melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pembentukan suku cadang dan pemotongan logam tertentu.

    Pekerjaan ini tentunya tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Maka dari itu, mereka memerlukan tools bertenaga tinggi untuk membantu pekerjaan tersebut. Ini dia jenis power tools dan fungsinya.

    • Obeng Pneumatik (Pneumatic Screwdriver)

    Saat memperbaiki mobil, ada banyak sekrup yang harus dilepas dan dipasang. Karena itulah, seorang mekanik membutuhkan peralatan yang dapat membantu pekerjaan ini jadi lebih cepat.

    Obeng memang bisa digunakan, tapi jenis obeng pneumatik lebih efisien. Mekanik dapat melepaskan sekrup dengan lebih cepat dan sekrup akan lebih erat saat dipasangkan kembali.

    • Electric Impact Wrench

    Berbeda dari obeng pneumatik, electric impact wrench digunakan untuk melepaskan baut agar lebih cepat dan mudah. Proses perbaikan mobil pun akan cepat diselesaikan.

    • Air Impact Wrench

    Sebenarnya fungsi dari air impact wrench sama dengan electric impact wrench, yaitu melepas baut dengan lebih cepat. Yang membedakan peralatan ini hanyalah sumber power yang digunakan. Air impact wrench menggunakan tekanan udara yang bersumber dar listrik untuk menggerakkannya.

    • Bor Tangan (Portable Drill)

    Bor tangan banyak digunakan untuk memperbaiki ban mobil yang bocor. Namun, fungsi utama dari peralatan ini adalah untuk membuat lubang di sebuah benda. Misalnya saat ban terkena paku, maka mekanik akan menggunakan bor tangan ini untuk melubangi ban.

    Proses melubangi ban dengan bor tangan menghasilkan bentuk yang rapi dan hasil penambalan ban yang lebih bagus.

    • Bor Angin (Air Drill)