Berita

    Apa keunggulan dari mobil hybrid?

    Mobil hybrid, atau mobil hibrida, menjadi pilihan yang solutif di tengah berbagai isu lingkungan yang kini kian meresahkan. Sebab kendaraan jenis ini terkenal dengan kemampuan efisiensi bahan bakar dan rendah emisi karbon yang menguntungkan bagi kelestarian lingkungan.

    Kemampuan tersebut dihasilkan dari inovasi teknologi dalam dunia otomotif yang saat ini semakin berkembang. Mobil sistem hybrid pun membuat banyak penggemar otomotif penasaran dengan keunggulannya. 

    Maka dari itu, Anda bisa mengenali apa saja kelebihan dari mobil sistem hybrid lengkap beserta jenis-jenisnyaa dalam pembahasan menarik berikut!

    Apa Itu Mobil Hybrid?

    Sebelum mengetahui apa saja keunggulan mobil hibrida, Anda perlu memahami apa itu sebenarnya mobil sistem hybrid ini. Mobil hibrida merupakan mobil dengan sistem penggerak yang berasal dari dua sumber energi, yakni energi listrik serta energi bahan bakar minyak.

    Energi listrik tersebut berasal dari baterai yang diproses oleh motor listrik, sedangkan energi bahan bakar minyak diolah dalam mesin pembakaran mobil. 

    Bila dibandingkan dengan mobil yang mesinnya masih konvensional, mesin mobil dengan kombinasi dua sumber energi tersebut lebih efisien.

    Mobil hibrida memiliki motor listrik yang berperan menjadi generator ketika pedal rem mobil diinjak, lalu energi yang muncul ketika pengereman akan disimpan ke dalam baterai kecil. Energi tersebut kemudian digunakan saat mobil berakselerasi dari kondisi diam sebelumnya.

    Keseluruhan sistem kelistrikan di mobil hibrida ini juga menggunakan baterai di motor listrik sebagai penggeraknya. 

    Sistem kelistrikan tersebut meliputi komponen seperti audio, power window, hingga air conditioner. Itulah mengapa, mobil jenis hibrida bisa lebih efisien pemakaian bahan bakarnya.

    3 Jenis Mobil Hybrid dan Cara Kerjanya