Berita

    Jaga Cat Mobil Anda Tetap Mengkilap dengan Tips Berikut

    Saat memiliki mobil, tentu Anda ingin tampilan kendaraan terlihat bersih dan mengkilap bukan? Melihat tampilan cat mobil tetap cerah memang bisa memanjakan mata kita, sehingga perlu melakukan pemeliharaan secara berkala.

    Meski begitu, faktanya mencuci mobil saja tidak cukup untuk membuat tampilan mobil terlihat mengkilap. Ada cara khusus untuk menjaga ketahanan cat agar eksterior mobil tampil cerah maksimal.

    Cara Memelihara Cat Mobil

    Cat merupakan bagian eksterior yang penting untuk diperhatikan untuk merawat kendaraan. Untuk menjaga ketahan cat tetap bagus dan mengkilap, ada beberapa cara perawatan yang cukup sederhana.

    • Parkir di Tempat Teduh

    Tips pertama paling mudah dilakukan dalam keseharian untuk menjaga cat pada mobil tetap mengkilap. Tentunya Anda harus memarkirkan mobil di tempat teduh yang tidak terkena langsung dengan sinar matahari.

    Perlu diketahui, mobil yang terkena sinar matahari dalam waktu lama, bisa membuat cat pudar dan kusam. Paparan sinar ultraviolet di luar ruangan juga bisa mempengaruhi warna cat berubah.

    Maka dari itu, disarankan untuk mencari tempat parkir yang teduh terutama jika mobil diparkirkan dalam waktu yang lama. Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan sarung atau penutup khusus untuk melindungi mobil. 

    • Bersihkan Mobil Teratur

    Cara yang tak kalah penting, tentu Anda harus membersihkan mobil secara teratur untuk menjaga cat permukaan mobil tahan lama. Bersihkan mobil dengan membasahi seluruh bodi dengan air.

    Pastikan mobil tetap dalam keadaan bersih terbebas dari kotoran, pasir, debu, dan air hujan. Jika mobil tidak dibersihkan dalam waktu lama, tentu ini akan mempengaruhi kualitas cat yang perlahan menjadi rusak.

    • Gunakan Kain Halus

    Untuk merawat mobil tetap tampil cerah dan mengkilap, Anda harus membersihkan bagian eksterior mobil secara berkala. Disarankan untuk membersihkan mobil menggunakan kain halus untuk menjaga ketahanan cat.

    Gunakan kain lap seperti kanebo atau microfiber yang banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Hindari menggunakan kain kasar seperti handuk bekas, potongan baju, atau kain-kain yang bisa merusak cat mobil.

    • Pakai Sabun Khusus Cuci Mobil

    Untuk mencuci mobil, tentunya Anda harus menggunakan sabun khusus agar tampilan cat tidak mudah pudar, belang, dan rusak. Hindari menggunakan sabun yang keras seperti sabun colek, deterjen, atau sabun cuci piring.

     

    mencuci mobil

    Penggunaan sabun secara sembarangan dikhawatirkan akan membuat warna mobil menjadi kusam dan tidak mengkilap. Maka dari itu, dianjurkan untuk menggunakan sabun khusus mobil yang sudah banyak tersedia di pasaran.

    Sabun khusus mobil dirancang dan dibuat dengan kandungan bahan khusus untuk menjaga kualitas eksterior mobil. Disarankan untuk mencuci mobil menggunakan sabun khusus setidaknya seminggu sekali agar cat lebih awet dan tahan lama.

    • Bilas Mobil Setelah Terkena Hujan

    Air hujan sangat rentan membuat kualitas cat menjadi menurun karena kandungan asam yang akan mempengaruhi kualitas cat dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, disarankan untuk membilas mobil setelah dipakai hujan.

    Jangan biarkan mobil dibiarkan begitu lama setelah terkena hujan. Hal ini akan menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan mobil yang bisa merusak lapisan dan tampilan cat.

    Nah, itu dia beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan untuk memelihara cat mobil agar tetap mengkilap tahan lama. Menjaga ketahanan cat sangat berguna daripada menghabiskan banyak biaya untuk cat ulang.