Berita

    Tips Memilih Speaker Mobil yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

    Kelengkapan audio pada mobil memang dianggap sangat penting di era modern seperti sekarang. Dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan pilihan speaker mobil yang berkualitas demi mendapat kualitas audio terbaik. 

    Sering dianggap sepele, padahal pemilihan speaker untuk dipasang di mobil sangatlah penting. Jika Anda salah pilih jenis speaker maka bisa jadi hasil audio yang dihasilkan kurang bagus dan mengecewakan. 

    Tips Memilih Speaker Mobil

    Tidak bisa dipungkiri bahwa speaker merupakan salah satu komponen mobil yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam berkendara. Apalagi jika Anda adalah penggemar musik dan lebih nyaman mengemudi dengan musik. 

    Speaker yang dipasang di mobil Anda harus benar-benar memiliki kualitas bagus agar tidak mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Berikut adalah beberapa tips memilih speaker untuk mobil yang bisa Anda terapkan:

    • Kenali Tipe Speaker yang Bisa Digunakan

    Pertama-tama Anda perlu mengenali tipe speaker yang bisa digunakan. Secara garis besar ada dua tipe speaker yaitu speaker full-range dan sistem speaker komponen. 

    Speaker full-range sudah memuat semua elemen speaker. Sementara itu speaker komponen menggunakan woofer dan tweeter dalam posisi terpisah. Anda bisa memilih speaker komponen ini untuk menyesuaikan kebutuhan. 

    • Sesuaikan Ukuran dan Konfigurasi Speaker

    Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan ukuran serta konfigurasi speaker. Dalam hal ini Anda perlu memastikan ukuran speaker yang tepat untuk digunakan. 

    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil speaker dari mobil dan mengukurnya. Apalagi jika Anda berencana mengganti speaker full-range yang baru, pastikan ukuran dan konfigurasinya sudah tepat. 

     

    speaker mobil

    Pexels.com

    • Cek Sensitivitas Speaker

    Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memilih speaker mobil berkualitas adalah dengan mengecek sensitivitasnya. 

    Sensitivitas yang dimaksud adalah berapa besar daya yang dibutuhkan speaker untuk menghasilkan volume tertentu.

    Jenis speaker yang punya sensitivitas tinggi biasanya butuh daya yang lebih kecil dan begitu juga sebaliknya. Dalam hal ini Anda perlu mengetahui juga daya yang dibutuhkan head unit serta amplifier eksternal. 

    Demi mempermudah pengecekan sensitivitas speaker ini Anda bisa melakukan uji coba. 

    Tidak ada salahnya untuk langsung mencoba kinerja speaker yang akan dibeli agar bisa tahu lebih jelas hasil suara dan sensitivitasnya. 

    • Perhatikan Jenis Material Speaker

    Saat ini ada banyak sekali jenis speaker yang ternyata menggunakan material berkualitas rendah. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada performa speaker nantinya saat digunakan. 

    Selain itu kualitas material speaker ini juga bisa berpengaruh terhadap suara yang akan dihasilkan. Jadi akan jauh lebih baik jika Anda memilih produk speaker dari material berkualitas. 

    Biasanya speaker dengan lapisan karet akan bertahan lebih awet. Selain itu jenis speaker dengan bahan woofer juga bisa lebih bagus karena bertahan lama. Anda juga bisa mempertimbangkan speaker dengan material tweeter

    • Pertimbangkan Bujet untuk Membeli

    Tentu Anda juga harus mempertimbangkan bujet untuk membeli speaker. Saat ini ada  banyak sekali pilihan produk speaker yang bisa digunakan untuk mobil Anda dan harganya sangat bervariasi. 

    Coba perhatikan lagi berapa bujet yang Anda miliki dan pilihlah tipe speaker dengan harga yang tepat. Namun jangan lupa untuk membandingkannya juga dengan kualitas dan spesifikasi yang dimiliki speaker tersebut. 

    Pemilihan speaker mobil yang tepat akan memberi kepuasan tersendiri bagi Anda. Anda bisa mendengarkan audio yang berkualitas dan lebih nyaman saat mengemudi.