Berita

    Simak Tips Mengemudi Jarak Jauh

    Di pertengahan tahun seperti sekarang, banyak masyarakat yang memutuskan untuk berlibur karena bertepatan dengan liburan sekolah. Salah satu cara untuk bisa sampai ke destinasi liburanmu adalah dengan melakukan perjalanan darat. Namun dalam melakukan perjalanan darat, terlebih perjalanan jauh, Anda perlu mempersiapkan banyak hal. Simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika akan melakukan perjalanan dan mengemudi jarak jauh di bawah ini.

    Tips Mengemudi Jarak Jauh

    Untuk bisa bertahan ketika sedang mengemudi dengan jarak jauh, terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:

    • Persiapkan Kendaraan

    Tips pertama yang bisa Anda ikuti adalah untuk selalu mempersiapkan kendaraan di kondisi terbaiknya. Anda bisa membawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadikan kendaraanmu sebagai transportasi utama untuk bepergian jarak jauh.

    Periksa pula kondisi komponen-komponen pada mobil, apabila ada kerusakan usahakan untuk menggantinya atau memperbaikinya terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar supaya hal yang tidak diinginkan terjadi ketika sedang dalam perjalanan.

    • Persiapkan Kondisi Tubuh

    Selain kondisi kendaraan, Anda juga perlu untuk memperhatikan kondisi tubuhmu. Supaya tubuhmu siap untuk bisa mengemudi jarak jauh, Anda perlu memiliki kondisi tubuh yang fit. Tubuh yang fit adalah suatu kondisi tubuh yang sehat dan mampu untuk menjalani aktivitas fisik, yang dalam kasus ini adalah untuk mengemudi.

    Usahakan sebelum melakukan perjalanan, di malam sebelumnya Anda menyempatkan untuk tidur dengan waktu yang cukup sehingga tidak mudah terserang kantuk.

    • Persiapkan barang bawaan

    Ketika akan melakukan road trip jarak jauh, Anda harus membawa barang dan juga perlengkapan yang memadai. Barang bawaan penting yang wajib Anda bawa adalah:

    1. Obat-obatan
    2. Makanan dan minuman darurat
    3. Baterai cadangan / power bank
    4. Baju ganti

    Namun yang perlu diperhatikan juga dalam membawa barang bawaan ketika melakukan perjalanan jauh adalah tentang muatan. Sebisa mungkin untuk membawa barang bawaan secukupnya yang tidak membuat mobil kelebihan muatan dan mengakibatkan perjalanan terganggu.

    • Memiliki Peta

    Setelah Anda menentukan destinasi yang akan dituju, dalam mengemudi jarak jauh ini Anda memerlukan peta. Peta dijadikan sebagai alat untuk membantu menuntunmu untuk bisa sampai dengan selamat ke lokasi tujuanmu. Selain itu, apabila Anda menggunakan peta digital atau google maps, Anda juga akan diberitahu rute alternatif yang paling efisien sehingga Anda dan seluruh penumpangmu bisa sampai ke destinasi dengan waktu yang lebih cepat.