Berita

    Simak Fungsi Gasket mobil

    Gasket mobil mempunyai peranan penting di dalam sebuah rangkaian mesin. Fungsinya yang utama dari gasket adalah penyekat antara dua bidang yang serasi. Karena mempunyai peranan cukup vital, maka komponen ini pasti selalu ada dalam sebuah blok mesin. 

    Fungsi Gasket pada Mobil

    Pada dasarnya, memiliki beberapa fungsi penting dalam mesin. Beberapa fungsi tersebut diantaranya sebagai berikut.

    • Mencegah Kebocoran

    Seperti yang kita tahu bahwa gasket merupakan penyekat antara cylinder block dan head cylinder. Tujuannya yaitu untuk mencegah kebocoran pada oli sehingga oli tidak akan masuk ke bagian radiator atau sebaliknya. 

    Dengan adanya gasket mobil, oli mobil tidak akan merembes ke ruang bakar mesin. Tidak hanya itu, gasket juga berfungsi untuk mempertahankan kerapanan dan mencegah adanya kebocoran pada saat proses kompresi dilakukan. 

    • Menahan Tekanan

    Fungsi lainnya dari gasket yaitu menahan tekanan dari cylinder head agar tidak menyebar ke bagian celah blok. Pada dasarnya, mesin mobil pastinya memiliki cylinder head dan blok mesin.

    • Penyalur Panas

    Gasket pada mobil juga berperan sebagai penyalur panas menuju blok cylinder head dari cylinder block

    Jenis-Jenis Gasket

    Saat ini, terdapat banyak jenis gasket yang umumnya ditemukan di pasaran. Jenis-jenis tersebut telah kami kumpulkan dalam beberapa poin di bawah ini.

    • Gasket Berbahan Kertas

    Gasket ini merupakan jenis yang paling murah dibanding jenis lainnya. Gasket ini bisa ditingkatkan jika diisi dengan bahan seperti lilin. Umumnya jenis ini digunakan untuk menyekat oli, minyak, dan air.

    • Gasket Berbahan Kertas Pernis

    Gasket ini terbuat dari bahan kertas yang sudah dipernis. Jenis ini tentunya lebih bagus dibanding dengan gasket yang terbuat dari bahan kertas biasanya. Permukaan pernisnya tidak boleh sampai retak untuk mendapatkan fungsinya dengan baik.

    • Gasket Berbahan Gabus

    Gasket berbahan gabus biasanya digunakan untuk beban yang lebih rendah. Jenis ini juga sering dipakai pada permukaan benda yang kurang rata. Kelebihan dari jenis gasket ini yaitu tahan terhadap cairan pelarut dan minya, tapi tidak tahan terhadap air. 

    • Gasket Berbahan Gabus Campur Karet