Berita

    Simak 5 Tips Berkendara yang Aman Pada Saat Menerjang Genangan Air

    Jalanan licin saat musim hujan adalah hal yang tak terhindarkan dan tentunya ini berisiko bagi pengendara. Masalahnya, hujan yang tak kunjung reda seringkali membuat para pengendara harus ekstra hati-hati ketika menerjang genangan air saat mengemudi. 

    Namun, bagi sebagian pengendara itu bukanlah hal yang mudah sehingga tidak jarang membuat tergelincir sampai menyebabkan kecelakaan fatal. Apalagi jika banyak jalan berlubang yang digenangi air saat hujan deras tiba, maka makin sulit medan yang harus dilewati. 

     Tips Aman Berkendara Saat Menerjang Genangan Air

    Selama Anda tahu cara berkendara yang tepat ketika musim hujan atau saat genangan air menerjang, maka mengemudi jadi lebih nyaman dan aman. Sebab itu, utamakan keselamatan Anda dengan mengikuti sejumlah tips aman dalam berkendara di jalanan yang tergenang air. 

    • Menjaga Kecepatan dan Momentum

    Meski Anda sedang buru-buru sekalipun, sangat tidak diperkenankan untuk melaju kendaraan dengan kecepatan tinggi ketika jalanan diterpa hujan maupun tergenangi air. Justru kecepatan yang tinggi akan membuat air lebih mudah masuk ke ruang mesin. 

    Saat menerjang suatu genangan air, idealnya menjaga kecepatan antara 10-15 km/jam secara konstan. Semisal mesin mati mendadak, Anda juga tidak perlu panik dan jangan pernah mencoba untuk menyalakan mesin. 

    Kemungkinan besar air masuk ke mesin kendaraan Anda. Apabila memaksa untuk menyalakan mesin, rentan sekali terjadi water hammer. Sebaiknya, segera minta pertolongan jasa derek untuk membantu Anda meminggirkan mobil. 

    • Hindari Genangan Air

    Saat hujan menerpa jalanan, sebenarnya tidak semua area jalan tergenangi oleh air. Biasanya, pada area tertentu yang permukaannya lebih rendah atau terdapat lubang pada jalan tersebut. 

    Apabila Anda melewati jalan semacam ini, tentu pilihan terbaik adalah menghindarinya. Jangan paksa kendaraan terjang genangan apabila tidak memungkinkan. Apalagi, jika ternyata jalan itu berlubang tentu akan membuat goncangan. 

    • Menjaga Jarak Aman Kendaraan

    Jalanan yang licin memang rentan memicu kendaraan tergelincir hingga menyebabkan kecelakaan. Namun, setidaknya hal tersebut bisa Anda hindari dengan menjaga kecepatan kendaraan dan jarak amannya. 

    Dengan menjaga jarak aman kendaraan, Anda dapat meminimalisir tabrakan ketika harus melakukan pengereman secara mendadak. Jarak aman kendaraan tersebut juga ada ketentuannya dan telah diatur dalam peraturan Kementerian Perhubungan. 

    • Hindari untuk Menyalip Kendaraan Lain