Berita

    Ketahui Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

    Ingin tahu berapa umur ban Anda atau berapa ukuran ban Anda? Anda perlu tahu cara membaca informasi di samping ban, kode ban mobil yang tertera di sisi ban Anda. Tetapi jika Anda pernah melihat ke bagian samping ban dan berpikir bahwa kumpulan angka, huruf, dan kata sama membingungkannya dengan hieroglif, Anda tidak sendirian. 

    Arti Kode Ban Mobil

            1. Ban Kode Mendeskripsikan Ukuran Ban

    • Jenis servis
    • Lebar bagian
    • Rasio aspek
    • Konstruksi internal
    • Diameter pelek
    • Deskripsi servis (indeks beban, peringkat kecepatan).

            2. Jenis Ban

    Huruf "P" di awal "Ukuran Ban" memberitahu kita bahwa ban tersebut adalah jenis ban P-Metric, mengacu pada ban yang dibuat dengan standar tertentu di Amerika Serikat, yang ditujukan untuk kendaraan Penumpang.

    Jika ukuran ban tidak memiliki huruf di awal, ini menunjukkan ban metrik Euro. Ban P-Metric dan Euro-Metric mungkin memiliki kapasitas beban yang berbeda.

    Huruf "LT," baik di awal atau di akhir ukuran ban menunjukkan bahwa ban tersebut dirancang untuk truk ringan. Pabrikan kendaraan melengkapi beberapa truk ringan dengan ban tipe "LT". Ban ini biasanya membutuhkan tekanan inflasi yang lebih tinggi dari ban mobil yang biasa.

    Konsultasikan dengan manual pemilik atau plakat ban untuk ukuran ban yang direkomendasikan dan tekanan inflasi untuk kendaraan Anda.

            3. Lebar Ban

    Angka pertama yang muncul di informasi ukuran ban Anda adalah lebar, dalam milimeter. Kode ban mobil yang benar untuk kendaraan Anda biasanya: P225/70R16 91S.

    Lebar ban pasti berpatokan pada pengukuran dari satu dinding samping ke dinding samping yang lainnya. Jadi, ban dengan ukuran “P225” adalah untuk kendaraan penumpang dan memiliki lebar nominal 225 milimeter.

            4. Rasio

    Aspek rasio aspek/profil/seri ban adalah hubungan antara lebar dan tinggi ban dalam persen. Jadi, profil 55 adalah 55% dari lebar, artinya tinggi ban (diambil lebar 205 mm) 112,75 mm atau 4,4”. Anda mungkin melihat ban tanpa nomor, ini artinya profil ban standar – 82%. Juga, jarang ada ban dengan rasio tiga digit dalam milimeter.

    Jika sebuah ban memiliki aspek rasio 55 atau kurang, itu adalah ban berprofil rendah, biasanya digunakan untuk kendaraan sport. Ban semacam itu memberikan cengkeraman dan kinerja yang lebih baik, tetapi lebih cepat aus.