Berita

    Bahan-Bahan Sederhana Ini Bisa Membersihkan Jamur Kaca yang Membandel

    Tidak bisa dipungkiri bahwa kaca mobil, khususnya kaca bagian depan sangatlah penting fungsinya.

    Hal ini karena kaca berfungsi untuk memastikan pengendara bisa melihat keluar kendaraannya. Dengan kaca yang bersih maka mengemudi akan menjadi jauh lebih nyaman dan mobil juga terlihat lebih apik.

    Namun sayangnya banyak pengemudi yang memandang sebelah mata fungsi dari kaca mobil. Kondisi ini membuat mereka lalai dalam melakukan perawatan sehingga membuat jamur tumbuh subur di kaca dan membuat pandangan terganggu.

    Sebenarnya, apa yang menyebabkan jamur kaca bisa timbul? Jamur kaca bisa timbul karena adanya proses oksidasi dari zat asam yang ada pada air. Inilah sebabnya kenapa bila mobil kehujanan atau terkena air harus segera dikeringkan. Terutama di cuaca saat ini yang tidak menentu, kadang hujan diselingi panas terik membuat jamur cepat hinggap di kaca.

    Kondisi tersebut tentunya harus segera ditangani agar jamur tidak semakin membandel dan semakin sulit untuk dibersihkan. Lantas bagaimana cara membersihkan jamur pada kaca? Ada banyak cara dan bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. Dan berikut adalah beberapa cara diantaranya.

    1. Alkohol kadar 50-90 %

    Cairan ini umumnya digunakan untuk membersihkan luka, namun bisa juga digunakan untuk membersihkan jamur kaca. Caranya adalah dengan membasahi kain dengan alkohol dan gosokkan ke kaca mobil. Lakukan dengan lembut agar tidak menggores kaca.

             2. Minuman soda

    Minuman soda memang menyegarkan, namun fungsinya ternyata tak hanya itu. Pasalnya minuman bersoda juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur kaca. Caranya adalah dengan membasahi kain lembut dengan minuman bersoda gosokkan ke kaca mobil. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang. Disarankan untuk menghindari air agar unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dan mengurangi khasiatnya.

             3. Pasta gigi

    Pasta gigi memang memiliki banyak manfaat, termasuk juga untuk menghilangkan jamur kaca. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya, kemudian tunggu hingga kering. Setelah pasta gigi mengering, bilas dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut hingga jamur hilang. Jangan lupa untuk segera mengeringkannya.

             4. Pemutih pakaian

    Pemutih pakaian juga bisa berguna untuk menghilangkan jamur kaca dengan efektif. Caranya adalah dengan membasahi kain dengan cairan pemutih dan masukkanlah pada kaca mobil hingga bersih.