Berita

    Ketahui Arti Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil Menyala

    Lampu indikator suhu radiator mobil terletak di panel dashboard. Tugas komponen satu ini adalah menunjukkan suhu yang terjadi pada mesin mobil Anda. Apakah suhu mesin radiator cukup normal, panas, atau malah dingin.

    Komponen lampu indikator ini menunjukkan kondisi radiator dalam mobil. Terdapat tanda-tanda khusus yang akan diberikan dalam situasi mesin radiator yang panas atau dingin. Hal ini memudahkan pemilik mobil supaya mobil tidak sampai mengalami overheat.

    Akan tetapi masih banyak pemilik kendaraan yang belum memahami fungsi lampu indikator untuk suhu radiator. Padahal icon ini ada pada dashboard bukan hanya sebagai cadangan saja. Namun juga sebagai penunjuk agar mobil tidak sampai  mengalami overheat.

    Mengenali Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil

    Apabila Anda mengamati lebih mendetail, pada sisi balik kemudi ada terdapat lampu indikator. Biasanya lampu-lampu itu akan menyala semua ketika mesin mobil dinyalakan, namun kemudian nyala itu akan terhenti. 

    Apabila salah satu lampu indikator terus menyala, berarti ada masalah pada komponen mobil. Tinggal disesuaikan saja dengan lampu mana yang sedang menyala. 

    Salah satu lampu indikator yang ada di dashboard adalah lampu indikator suhu radiator mobil. Lampu ini memiliki tugas menunjukkan status suhu radiator mobil. 

    Seperti yang semua orang ketahui, bahwa setiap mobil memiliki radiator. Fungsi radiator adalah menstabilkan suhu mesin kendaraan. 

    Tugasnya adalah menyerap panas dan memindahkannya ke medium lain. Sehingga radiator dapat memastikan bahwa kondisi panas mesin mobil tidak berlebihan. 

    Bentuk dari komponen lampu indikator ini menyerupai thermometer. Jika lampu indikator menyala merah, maka menunjukkan bahwa kondisi suhu radiator sedang panas-panasnya. Sementara itu, jika suhunya sedang dingin, maka lampu akan menyala hijau atau biru. 

    Pada jenis mobil lainnya, penanda indikator tidak dalam bentuk icon menyerupai thermometer, namun menunjukkan tanda H (hot) dan C (cold). 

    Suhu yang baik adalah ketika jarum penunjuk indikator mengarah ke tengah. Jarum berada di antara H dan C, itu merupakan suhu ideal dan normal dari radiator mobil.

    Penyebab Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil Menyala

    Pernahkah Anda mengalami kejadian lampu indikator suhu radiator yang tiba-tiba menyala? Apakah Anda merasa panik saat mengalaminya? Jika benar demikian, maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab lampu indikator terus-terusan menyala?