Berita

    Kenali Cara Bayar Pajak Mobil Online dan Denda Keterlambatan

    Sebagai pemilik mobil, Anda mempunyai kewajiban untuk membayar pajak kendaraan secara rutin. Biasanya pembayaran ini dilakukan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) daerah setempat. Namun, tahukah Anda jika sudah bisa bayar pajak online mobil sekarang?

    Ya, kecanggihan teknologi membuat kemudahan pembayaran juga semakin meningkat. Anda tidak perlu mengantri untuk melakukan pembayaran pajak. Cukup melalui gawai atau secara online.

    Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

    Begini Cara Bayar Pajak Online Mobil

    Samsat kini memiliki nama aplikasi bernama Samsat Online Nasional. Aplikasi yang satu ini bisa untuk mengurusi kendaraan bermotor Anda, termasuk mobil. Mulai dari pembuatan SIM hingga membayar pajak kendaraan. 

    Lalu bagaimana cara untuk membayar pajak mobil secara online? Berikut langkah-langkahnya:

    1. Download dan juga instal aplikasi Samsat Online Nasional pada handphone Anda. bisa melalui PlayStore atau AppStore.
    2. Kemudian klik mulai dan lakukan pendaftaran.
    3. Sebelumnya, Anda harus menyetujui term and conditions aplikasi, dengan terlebih dahulu membacanya.
    4. Ketikkan data kendaraan bermotor Anda. Seperti nomor polisi (nopol) mobil, nomor rangka kendaraan, NIK, nomor ponsel hingga email aktif.
    5. Klik lanjutkan dan tunggu hingga proses selesai.
    6. Anda kemudian akan mendapatkan informasi pembayaran untuk pajak kendaraan. Kode ini berlaku hingga 2 jam kedepan. 
    7. Jangan lupa untuk klik setuju untuk bayar pajak online mobil. 

    Apabila Anda memiliki tunggakan pajak, maka jumlah pembayarannya juga sudah terhitung pada aplikasi. Kemudian Anda juga bisa mengetahui jumlah denda yang harus Anda bayarkan.

    Namun pengecualian apabila Anda telat membayar pajak hingga lebih dari 12 bulan, pembayaran denda hanya bisa dilakukan melalui offline. Artinya, Anda harus datang ke kantor Samsat untuk melakukan pembayaran.

    Sementara itu untuk metode pembayarannya, Anda bisa melalui beberapa bank. Antara lain, BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri, BCA, Permata Bank hingga BTN. Pilihlah bank yang sesuai dengan aplikasi banking Anda.

    Cara Menghitung Denda Pajak Mobil

    Setelah memahami bagaimana cara bayar pajak mobil, Anda perlu memahami konsekuensi ketika telat melakukan pembayaran pajak. Ya, ada konsekuensi berupa denda ketika Anda terlambat membayar.

    Nah, besar denda ini 25 persen dari pajak Anda per tahunnya. Apabila pajak Anda telat selama beberapa bulan, maka Anda bisa menghitungnya dengan jumlah bulan keterlambatan dibagi dengan 12 bulan, kemudian kalikan dengan 25%, kalikan lagi dengan jumlah pajak mobil.