Berita

    Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

    Mobil dengan transmisi otomatis semakin populer di kalangan pengemudi modern karena kenyamanan dan kemudahan penggunaannya. Saat Anda melihat panel persneling mobil matic, Anda akan menemukan kombinasi huruf dan angka yang mungkin tampak membingungkan.

    Tapi tenang saja, kebingungan ini bukan masalah yang berarti. Sebab, kode atau panel angka ini sebenarnya memiliki arti yang bisa Anda pahami dengan mudah. Supaya Anda dapat mengemudi dengan nyaman.

    Kode Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic untuk Pemula

    Mobil matic adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kendaraan bermotor dengan sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis merupakan sistem yang memungkinkan kendaraan untuk mengganti gigi secara otomatis tanpa perlu campur tangan pengemudi. 

    Kendaraan matic memiliki tuas persneling yang berbeda dengan kendaraan manual, dan mereka tidak memerlukan kopling. Ada beberapa angka dan huruf yang wajib Anda pahami ketika mengemudi mobil dengan transmisi otomatis. Huruf paling dasar adalah D, P, R hingga N. Kemudian ada juga angka dan simbol yaitu 1, 2, 3, + dan -. 

    Artikel ini membahas arti dari huruf dan angka di persneling mobil otomatis, memberikan wawasan mendalam tentang cara sistem transmisi ini beroperasi:

    • P artinya Parking (Parkir)

    Huruf "P" pada persneling mobil otomatis mengindikasikan posisi parkir. Saat mobil berada dalam posisi parkir, roda belakang terkunci sehingga mobil tidak dapat bergerak. 

    Ini adalah posisi yang aman dan ideal ketika Anda mematikan mesin atau saat kendaraan tidak sedang digunakan. Pastikan Anda mengaktifkan mode ini apabila sedang berhenti berkendara ya. Supaya mobil tidak bergerak dan dapat memposisikan diri.

    • R artinya Reverse (Mundur)

    Sebenarnya hampir sama dengan mobil manual, apabila Anda ingin mundur, maka tinggal mengarahkan tuas transmisi pada posisi R. Bedanya pada bagian pedal kopling saja.

    Pada mobil matic, saat persneling mobil matic berada di posisi "R", mobil akan bergerak mundur apabila pengemudi menekan pedal gas. Ini digunakan untuk melakukan manuver mundur, seperti keluar dari tempat parkir atau mundur dari sebuah jalan.

    • N artinya Neutral (Netral)