Berita

    Ini Arti dari Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

    Seperti halnya mobil manual, pada mobil dengan transmisi otomatis juga dilengkapi dengan persneling. Hanya saja, antara persneling mobil matic dengan manual memiliki fungsi kode dan cara kerja yang berbeda. 

    Jika tidak terbiasa, Anda akan bingung ketika akan mengendarai mobil bertransmisi otomatis. Walaupun pada dasarnya mengemudikan mobil jenis ini hanya mengandalkan gas dan rem, namun tetap membutuhkan tuas persneling untuk bisa membuatnya menyala. 

    Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil matic, sebaiknya pelajari terlebih dahulu arti setiap kode huruf dan angka yang tertera pada tuas persnelingnya. Berikut informasinya!

    Makna Simbol pada Persneling Mobil Matic yang Perlu Anda Pahami

    Mengemudikan mobil matic memang tidak menguras tenaga dan cara pengoperasiannya pun terlihat lebih sederhana. Meskipun demikian, setiap pengemudi yang terbiasa menggunakan mobil manual harus memahami setiap kode yang nampak pada bagian persnelingnya. 

    Pasalnya, pada tuas transmisi mobil matic mempunyai simbol dan cara kerja yang berbeda dengan mobil manual. Untuk transmisi otomatis di bagian tuasnya akan nampak deretan kode seperti P - R - N - D - 2 - 1/L. 

    Dilansir dari berbagai sumber, begini arti dan makna yang terkandung pada kode huruf dan angka yang tertera di transmisi matic tersebut: 

    • Huruf P

    Kode pertama pada transmisi matic adalah ā€œPā€ yang berarti Park atau Parkir. Fungsi yang pertama adalah sebagai mode awal saat mobil akan dihidupkan. 

    Ini artinya, posisi persneling harus berada di mode P karena mobil tidak akan menyala jika posisinya berada diluar mode tersebut. Sedangkan fungsi kedua dari kode ini adalah sebagai mode parkir. 

    Jadi, pada saat akan parkir mobil matic dengan kondisi mesin mati atau berhenti dalam waktu lama, gunakan mode P ini. 

    Cara pengoperasiannya adalah dengan mengarahkan persneling ke huruf P. Maka, transmisi secara otomatis akan terkunci sehingga mobil matic tidak bisa didorong atau bergerak. 

    Pixabay
    • Huruf R

    Kode kedua pada persneling mobil matic adalah R yang berarti Reverse. Fungsi kode R ini untuk memundurkan mobil seperti halnya pada mobil manual. Jadi, arahkan transmisi ke mode R apabila Anda ingin memundurkan mobil. 

    • Huruf N