Berita

    Ganti Oli Mobil Berapa Km Ini Tandanya Perlu Diganti

    Oli merupakan komponen vital bagi mobil karena berperan sebagai pelumas mesin, sehingga kinerjanya akan menjadi lebih ringan dan aman. Karena memiliki masa pakai, maka Anda perlu melakukan ganti oli mobil secara berkala.

    Masih banyak orang yang sering bertanya, kapan harus melakukan penggantian oli mobil? Sebenarnya, hal tersebut dapat dilihat dari jarak tempuh dan waktu pemakaian. Selain itu, ada juga berbagai hal yang menjadi tanda bahwa oli sudah saatnya diganti.
     

    Ganti Oli Mobil Perlu Dilakukan setiap Berapa Kilometer?

     

    Jika bicara soal jenis-jenis oli, maka ada tiga jenis oli yang perlu diganti secara berkala dan menjadi perhatikan ketika melakukan servis atau perawatan mobil. Ketiga jenis tersebut yaitu oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi.

    Jenis yang paling sering membutuhkan pergantian yaitu oli mesin, karena memiliki fungsi yang vital bagi kinerja mesin mobil. Salah satu hal yang bisa menjadi tolok ukur penggantian ini yaitu dengan jarak tempuh dan waktu pemakaian.

    Berkaca pada buku panduan, maka umumnya Anda diarahkan untuk melakukan penggantian oli ketika pertama kali mencapai jarak 10.000 kilometer. Setelah itu, maka umumnya dilakukan penggantian setiap enam bulan.

    Tanda-Tanda Perlu Ganti Oli Mobil

    Selain melihat dari jarak tempuh dan waktu pemakaian, ada berbagai hal yang perlu diketahui karena merupakan penanda bahwa oli mobil sudah saatnya diganti dengan yang baru.

    Berikut merupakan berbagai tanda yang sebaiknya Anda waspadai, lalu jangan tunda lagi penggantian oli untuk mobil Anda.

    1. Suara Mesin Terdengar Kasar

    Tanda pertama dapat terdengar dari suara mesin mobil. Jika suaranya sudah mulai kasar, maka itu pertanda bahwa sebaiknya segera ganti oli.

    Oli yang sudah habis masa pakainya atau kualitasnya sudah mulai menurun, maka umumnya sudah mengalami berbagai kontaminasi. Kotoran dan suhu panas dari bagian ruang bakar sudah tercampur dan membuat kinerja oli menjadi turun.

    Dengan kualitas tersebut, maka oli sudah mulai kehilangan kemampuan untuk meredam suara gesekan dari berbagai komponen mesin mobil yang sedang beroperasi.

    Dampaknya, akan muncul suara kasar dari mesin yang cenderung akan mengganggu. Jangan tunda ganti oli mobil jika sudah muncul tanda ini.

    2. Oli Berwarna Hitam Pekat

    Tanda selanjutnya dapat dilihat dari kondisi fisik dari komponen oli. Jika sudah rusak atau tidak berkualitas, maka ada berbagai zat kontaminasi yang bercampur.