Berita

    Cara Mengganti Karet Pintu Mobil dan Biayanya

    Salah satu komponen penting dari pintu mobil yaitu bagian karetnya. Namun, karet pintu mobil dapat menjadi usang seiring pemakaiannya. Jika dirasa sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, misalnya membuat pintu susah tertutup, maka sebaiknya segera diganti.

    Anda bisa melakukan penggantian di bengkel, sehingga dapat lebih terjamin hasilnya. Namun, bisa juga melakukannya sendiri jika sudah memahami cara mengganti karet tersebut.

    Cara Mengganti Karet Pintu Mobil

    Meski bisa dilakukan di bengkel, sebenarnya penggantian ini juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti karet pintu pada mobil Anda.

    • Pastikan Sudah Memilih Karet yang Tepat

    Sebelum melakukan pemasangan, tentu saja Anda perlu menyiapkan karet baru untuk mengganti yang lama. Pastikan Anda telah memilih jenis karet yang tepat dan sesuai dengan tipe mobil, jangan sampai salah pilih.

    Selanjutnya, perlu juga mengukur berapa meter karet yang dibutuhkan, sehingga bisa terpasang dengan baik.

    • Bukalah Lapisan Penutup dari Karet Pintu

    Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu membuka lapisan penutup dari karet pintu, posisinya ada di dekat jok mobil.

    • Cabut Karet Lama

    Langkah berikutnya yaitu Anda bisa mencabut karet pintu yang lama. Lakukan pencabutan secara melingkar pada sepanjang bagian pintu.

    • Pasang Karet Baru

    Jika sudah tercabut, maka selanjutnya yaitu memasang karet baru. Pasanglah karet baru dengan bagian karet balon, pasang di sisi luarnya.

    Anda dapat memasangnya dengan cara memukul-mukul karet tersebut, sehingga dapat menempel dengan sempurna.

    • Perhatikan Titik Kaitan

    Ketika melakukan pemasangan, pastikan Anda memperhatikan bagian titik kaitan yang ada di pintu mobil. Karet harus terpasang memasuki kaitan tersebut, pastikan tidak ada yang terlewat karena bisa menyebabkan kelonggaran.

    • Potong Sisanya

    Setelah melakukan pemasangan dengan tepat, Anda mungkin akan menemukan bagian sisa karetnya. Supaya nantinya tidak menutupi lubang dari lapisan, maka Anda perlu memotong sisa tersebut dengan rapi.

    • Tutup Lagi Pelapisnya

    Setelah karet baru terpasang dengan baik dan sisanya sudah dipotong, maka saatnya kembali menutup pelapis dari karet pintu tersebut.