Berita

    Cara Jitu Menghadapi Masalah yang Sering Dijumpai di Dunia Kerja

    Dunia kerja merupakan lingkungan yang sangat kompleks, bahkan seringkali muncul berbagai macam masalah di dalamnya. Misalnya masalah dengan rekan kerja, dengan atasan, atau bahkan dengan pekerjaan itu sendiri.

    Jika menghadapi masalah di tempat kerja, tentu Anda tidak mungkin melarikan diri. Pilihan satu-satunya adalah dihadapi dan diselesaikan. Maka dari itu, kemampuan menghadapi atau memecahkan suatu masalah sangat penting. Ada beberapa masalah umum yang sering terjadi di dunia kerja di antaranya:

    • Masalah personal dengan sesama karyawan
    • Perundungan/bullying
    • Beban kerja yang terlalu berat
    • Sulit berkembang
    • Ketidakpuasan pada perusahaan, dan masih banyak lagi

    Dalam menghadapi berbagai masalah yang sering terjadi didunia kerja tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini:

            1. Masalah personal dengan sesama karyawan

    Perbedaan pendapat dengan rekan kerja sering terjadi, hal ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan. Dalam menghadapi masalah ini, kedepankan sikap profesional dan kesampingkan ego. 

    Anda tidak harus selalu memenangkan konflik, bersikap tenang justru akan membuahkan hasil yang baik. Cukup lakukan interaksi secukupnya yang berkaitan dengan pekerjaan saja.

            2. Perundungan/bullying

    Tindakan perundungan dapat terjadi karena disengaja ataupun tidak. Jika Anda mengalami hal tersebut, coba utarakan kepada orang yang bersangkutan bahwa Anda merasa tidak nyaman. Agar mereka mengetahui apa yang Anda rasakan. 

            3. Beban kerja terlalu berat

    Ketika Anda merasa beban kerja terlalu berat, coba diskusikan hal ini dengan atasan. Coba cari waktu yang tepat dan minta kepada atasan Anda untuk berbicara. Jelaskan jika Anda mengalami kesulitan saat bekerja karena beban yang diberikan terlalu berat.

    Sampaikan alasan yang kuat kemudian berikan solusi yang Anda rekomendasikan. Seperti meminta tambahan staf. Jika atasan Anda kurang setuju dengan solusi yang diberikan, cobalah minta saran terbaik untuk mengatasinya. 

            4. Sulit berkembang

    Tujuan Anda bekerja selain ingin mendapat penghasilan, tentu ingin membuat kemajuan dalam hal karir. Namun, terkadang seorang karyawan menemukan situasi ketika perusahaan sulit memberikan peluang karyawan untuk berkembang.

    Hal tersebut bisa terjadi karena kondisi perusahaan yang terhitung kecil dan tidak mengalami kemajuan sehingga tidak dapat memberi promosi jabatan untuk karyawan. Jika hal ini terus menerus terjadi, Anda mungkin akan kehilangan motivasi dalam bekerja.