Berita

    10 Alat-Alat Keselamatan yang Wajib Ada di Mobil Anda

    Demi memastikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara, Anda perlu menyediakan alat-alat keselamatan. Semua alat ini sebaiknya tersedia di mobil dan selalu dibawa saat berkendara dalam situasi apapun. 

    Hal ini sangat penting untuk selalu diingat oleh pengemudi, namun sayangnya masih sering dianggap sepele dan diabaikan begitu saja. Mari cari tahu apa saja jenis alat keselamatan yang sebaiknya memang selalu tersedia di mobil Anda!

    Alat-Alat Keselamatan di Mobil

    Selain memastikan mobil dalam kondisi prima, Anda sebaiknya juga melengkapi mobil dengan beragam jenis alat keselamatan. Apalagi jika Anda sering bepergian naik mobil dan menempuh jarak perjalanan yang terhitung jauh. 

    Semua peralatan keselamatan ini nantinya bisa menolong Anda saat terjadi situasi darurat. Berikut adalah 10 jenis alat keselamatan yang sebaiknya selalu Anda bawa saat berkendara dengan mobil untuk berjaga-jaga:

    • Segitiga Pengaman

    Barang ini tampak sangat sepele namun penting sekali untuk dibawa. Segitiga keamanan bisa Anda pasang saat mobil mogok atau saat terjadi kecelakaan. Tujuannya untuk menghindari mobil lain menabrak Anda saat berhenti. 

    • Ban cadangan

    Sudah pasti Anda juga harus membawa ban cadangan kemanapun pergi. Pilih jenis ban yang sesuai spesifikasi mobil Anda dan lengkapi juga dengan peralatan untuk mengganti roda, salah satunya adalah kunci roda. 

    • Perlengkapan P3K

    Sediakan pula perlengkapan P3K di mobil karena bisa saja sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang membuat Anda terluka. Jika ada kotak P3K lengkap dengan isinya maka Anda bisa melakukan perawatan darurat. 

    • Kabel Jumper

    Jangan lupa bawa juga kabel jumper untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu aki mobil soak dan kurang tenaga. Kabel ini bisa dipakai untuk mencoba teknik jumper sehingga aki akan bekerja kembali. 

    • APAR

    Anda juga sebaiknya membawa APAR atau alat pemadam api ringan saat berkendara. 

    Alat ini sangat bermanfaat jika tiba-tiba mobil overheat dan mengalami kebakaran. APAR bisa jadi penyelamat agar api kecil tidak merambat jadi besar. 

    apar mobil

    iStock

    • Buku Manual

    Dari sekian banyak alat-alat keselamatan yang perlu dibawa, buku manual mobil jadi salah satunya. Buku ini akan jadi petunjuk penting yang bisa Anda pakai jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada mobil Anda. 

    • Tyre Repair Kit

    Anda juga bisa membawa tyre repair ket atau set peralatan untuk memperbaiki roda dalam situasi darurat. Alat-alat ini bisa dipakai untuk menambal ban dengan cepat sampai Anda bisa menemukan tempat tambal ban. 

    • Tools Kit

    Jangan lupa bawa juga tools kit yang berisi peralatan lengkap. Biasanya di dalamnya berisi kunci inggris, aneka obeng, tang, kunci pas, dan masih banyak lagi. Alat-alat ini bisa Anda pakai saat situasi darurat di tengah jalan. 

    • Dongkrak

    Seringkali ban bocor di tengah jalan dan harus diganti. Jangan lupa untuk membawa dongkrak agar proses penggantian ban berjalan lebih mudah. 

    Selain itu, alat ini juga bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah darurat mobil di tengah jalan. 

    • Senter

    Pastikan Anda juga menyediakan senter di dalam mobil. Senter ini bisa dipakai untuk mempermudah proses pemeriksaan komponen mobil, terutama di bagian kap mesin. 

    Apalagi jika Anda sering berkendara di waktu malam dengan pencahayaan minim.