Berita

    5 Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

    Lampu indikator engine menyala menandakan ada yang tidak beres dengan mobil Anda. Anda tidak bisa memaksa berkendara dengan keadaan lampu engine yang menyala karena akan sangat berbahaya untuk Anda.

    Adapun lampu engine yang menyala disebabkan oleh beberapa hal yang perlu Anda tahu. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi panik kenapa lampu engine terus menyala. Anda bisa simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab dari menyalanya lampu engine mobil Anda.

    Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

    Lampu indikator check pada dashboard berfungsi sebagai pemberi peringatan untuk pengendara jika terdapat masalah pada mesin mobil. Oleh karenanya, apabila Anda mengalami masalah serupa Anda perlu memeriksa apa yang tengah terjadi pada mobil Anda.

    Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan lampu indikator engine menyala:

     

    Tutup Bensin Belum Tertutup Rapat

     

    Penyebab pertama dari lampu engine mobil yang menyala yaitu tutup bensin yang belum tertutup rapat atau kurang pas.

    Mungkin masalah ini terkesan sepele, tetapi tutup bensin yang kurang rapat bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Hal itu bisa menyebabkan kebakaran pada mobil Anda.

    Tentu saja ini sangat berbahaya untuk Anda selaku pengendara, terlebih jika Anda berkendara dengan keluarga Anda. Apabila penyebab lampu indikator engine menyala karena masalah ini, Anda bisa langsung menutup tutup bensin dengan rapat.

     

    Terjadi Kerusakan Pada Catalytic Converter

     

    Catalytic converter pada mobil berfungsi sebagai penyaring untuk gas buang kendaraan. Seperti karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, dan zat polutan berbahaya lainnya.

    Dengan begitu emisi yang dihasilkan oleh kendaraan menjadi berkurang. Sehingga ketika catalytic converter mengalami masalah akan membuat lampu indikator engine menyala

    Tanda kerusakan pada catalytic converter pada mobil Anda bisa dilihat dari borosnya penggunaan bahan bakar mobil. Juga bisa dilihat bagaimana tenaga mobil ketika Anda kendarai.

    Jika mobil mengalami penurunan tenaga meski pedal gas sudah Anda injak dalam, hal itu bisa jadi karena adanya kerusakan pada catalytic converter mobil Anda.

     

    • Aki Mobil Mengalami Kerusakan
      Aki memiliki peranan penting pada kendaraan. Aki berfungsi untuk memberikan supply listrik supaya mesin mobil dapat menyala. Hal tersebut penyebab lampu indikator engine menyala ketika aki mengalami kerusakan.