Berita

    Wajib Tahu! Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

    Setiap pemilik mobil tentu menginginkan tampilan mobilnya tetap kinclong dan terlihat seperti baru selama mungkin. Namun, seiring berjalannya waktu, cat mobil dapat menjadi kusam dan kehilangan kilauannya. 

    Kusamnya cat pada mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam artikel ini akan dibahas penyebab kusamnya mobil dan solusi praktisnya agar mobil Anda selalu terlihat menawan.

    7 Hal yang Menyebabkan Cat Mobil Cepat Kusam

    Mobil yang mengkilap dan cerah adalah dambaan setiap pemilik kendaraan. Namun, seringkali mobil dapat kehilangan kilauannya seiring berjalannya waktu dan berbagai faktor lingkungan.

    Mobil yang sudah kusam tentu akan terlihat kurang menarik saat digunakan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan cat pada mobil cepat pudar atau kusam:

    • Paparan Sinar Matahari dan Panas

    Sinar matahari yang terik dan panas dapat merusak cat pada mobil. Paparan dari sinar matahari secara berkepanjangan dapat menyebabkan perubahan warna dan mengurangi kilau cat. 

    Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak molekul cat pada mobil. Akibatnya, warna cat kendaraan roda empat bisa menjadi kusam dan pudar.

    Demi mengatasi hal ini, sebaiknya parkirkan mobil di tempat teduh atau gunakan car cover saat tidak digunakan. Dengan begitu, body mobil Anda akan terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

    • Polusi dan Debu

    Partikel debu dan polusi udara dapat menempel pada permukaan mobil dan menyebabkan goresan halus yang membuat cat terlihat kusam.

    Untuk menghindari hal ini, pastikan agar sering mencuci mobil menggunakan wax untuk melindungi cat dari goresan dan kusam. Dengan demikian, cat pada mobil tidak akan cepat kusam atau pudar.

    • Kesalahan Produk Pencuci Mobil

    Penggunaan produk pembersih yang tidak cocok dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan kusamnya cat. Selain itu, penggunaan spons yang kasar juga dapat menyebabkan goresan halus pada permukaan cat dan menyebabkan kusam.

    Oleh karena itu, gunakan produk pembersih mobil yang aman dan direkomendasikan oleh produsen yang sudah terpercaya. Jangan lupa gunakan spons yang sesuai untuk membersihkan permukaan mobil Anda!

    • Bekas Goresan dan Benturan

    Bekas goresan dan benturan pada permukaan mobil juga dapat membuat cat terlihat kusam. Goresan dan benturan bisa terjadi kala Anda berkendara atau memarkirkan mobil.