Berita

    Featured Image

    Tiba-Tiba Banjir? Ini yang Bisa Anda Lakukan agar Mobil Tetap Aman

    Jangan dinyalakan secara paksa jika mesin tiba-tiba mati saat mobil terjebak banjir. Sebab, hal tersebut justru akan membuat beberapa komponen menjadi rusak. Namun jika masih menyala, jalankan dengan perlahan dan stabil sambil tetap jaga jarak aman. 

    Pada dasarnya, hal paling mendasar jika terjebak banjir adalah tetap tenang dan mencari strategi terbaik agar bisa melaluinya dengan aman. Begini caranya. 

    Mobil Terjebak Banjir? Begini Cara Pengamanannya

    Saat musim penghujan tiba, sebaiknya Anda mempersiapkan strategi untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi, terutama dari bencana banjir. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar aman dari banjir, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    1. Evaluasi Kedalaman Air

    Sebelum memutuskan untuk menerjang banjir, sebaiknya evaluasi terlebih dahulu kedalaman airnya. Apabila debit air terlalu dalam (lebih dari setengah ban) sebaiknya urungkan niat tersebut, terutama jika tidak ada rute alternatif. 

    1. Jaga Jarak

    Apabila terpaksa harus menerjang banjir, sebaiknya tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jangan terburu-buru untuk keluar dari area banjir karena hal tersebut justru akan membuat air berpotensi masuk ke saluran udara melalui knalpot. 

    1. Perlahan dan Stabil

    Saat memasuki daerah banjir, usahakan untuk melaju dengan kecepatan rendah dan secara perlahan. Perhatikan pula kondisi sekitar dan selalu waspada terhadap selokan atau lubang yang tidak terlihat karena tertutup air. 

    Tetap tenang meski ada air yang masuk ke dalam ruang mesin. Sebab, risiko kerusakan saat menggunakan kecepatan rendah lebih minimal jika dibandingkan Anda memacu kendaraan menggunakan kecepatan tinggi.

    1. Ikuti Gelombang

    Saat harus melewati banjir, bagian depan mobil akan menabrak air sehingga menciptakan gelombang yang bergerak maju. Pergerakannya ini searah dan dengan kecepatan tertentu sehingga meninggalkan celah yang lebih dangkal di belakangnya. 

    Trik agar aman melintasi gelombang tersebut adalah dengan tidak mendahului rambatan gelombang. Sebaliknya, ikuti rambatan gelombang dari arah belakang sambil memastikan laju kendaraan tetap menggunakan kecepatan yang stabil. 

    1. Gunakan Jalur Tengah

    Bila memungkinkan, saat mobil terjebak banjir usahakan menggunakan jalur tengah. Sebab, pada umumnya air di pinggir jalan lebih dalam dibandingkan tengah sehingga jalur tengah lebih aman untuk dilewati. 

    Intinya, gunakan jalan dengan debit air yang lebih dangkal demi keselamatan Anda dan mobil. 

    1. Hindari Rem Mendadak

    Saat melintasi area banjir sebisa mungkin hindari menginjak rem secara mendadak. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan kendaraan kehilangan traksi sehingga sulit dikendalikan. 

    1. Jaga Mesin Tetap Hidup

    Selama melintasi area banjir usahakan mesin kendaraan tetap hidup. Sebab, kondisi  mesin yang mati membuat air masuk ke dalam sistem knalpot sehingga berdampak serius pada mesin. 

    1. Matikan Mesin saat Darurat

    Namun jika tenaga mesin kian menurun atau muncul gejala lain yang mengkhawatirkan, segera cari lokasi aman untuk berhenti dan matikan mesin mobil. Misalnya:

    • Saat salah perhitungan sehingga mobil terjebak banjir yang lebih dalam dengan ketinggian air yang melampaui saluran udara atau kap mesin. 

    • Muncul gejala awal mesin kemasukan air dan mengeluarkan suara brebet hendak mati.  

    Dengan menerapkan cara ini membuat Anda terhindar dari risiko water hammer. Meskipun dengan mematikan mesin bisa membuat interiornya terendam air, namun biaya perbaikannya masih jauh lebih murah dibandingkan jika terkena water hammer.

    1. Mogok? Jangan Dihidupkan Kembali

    Usahakan untuk tidak memaksa mesin kembali menyala ketika mobil tiba-tiba mogok saat melintasi area banjir. Sebab, memaksa mesin hidup kembali berpotensi menyebabkan water hammer (kerusakan mesin).

    1. Cek Kondisi Mobil setelah Melintasi Banjir

    Apabila berhasil melewati daerah banjir, segera periksa kondisi kendaraan Anda. Perhatikan dengan cermat apakah terjadi kerusakan di bagian sistem kelistrikan, rem, mesin, dan komponen lainnya. 

    Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko terjadinya kerusakan apabila mobil terjebak banjir. Intinya, jangan nekat menerjang banjir sebelum memastikan ketinggian air dan risiko lainnya.