Berita

    Ketahui Tugas dan Fungsi Timing Belt

    Timing belt atau juga disebut sabuk gilir menjadi salah satu komponen penting dari kendaraan mobil. Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang ternyata masih awam dengan fungsi serta cara kerja sabuk gilir ini. Mari simak informasi berikut ini.

    Definisi Timing Belt Pada Mobil

    Jika Anda adalah pecinta otomotif, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah timing belt atau biasa disebut juga sebagai sabuk gilir.

    Perannya pun sangat penting karena tanpa adanya satu komponen ini maka kendaraan Anda tidak akan dapat berfungsi. Pasalnya, tugas dari sabuk gilir ini seperti semacam pengatur dalam membuka dan menutup katup untuk menghidupkan mesin mobil Anda.

    Benda ini sendiri berbentuk mirip seperti sabuk (belt), bergerigi dan berbahan dasar karet. Sehingga jika komponen ini rusak maka mobil akan beresiko mengalami mati total.

    Tugas dan Fungsi dari Timing Belt

    Perlu Anda pahami bahwa alasan timing belt menjadi komponen yang cukup krusial pada mesin mobil karena sabuk ini digunakan sebagai pengatur waktu (timing) untuk pembukaan dan penutupan pada katup mesin mobil.

    Sabuk gilir ini digunakan sebagai penghubung antara crankshaft (poros engkol) dengan camshaft (poros nok) pada mesin. Dimana sabuk gilir ini nantinya akan menggerakkan camshaft di waktu yang tepat agar katup mesin mobil dapat terbuka dan tertutup secara akurat dan juga efisien.

    Selain itu fungsi utamanya pun juga untuk memastikan apakah semua komponen pada mesin telah bekerja dengan sinkron dan tepat. 

    Maka dapat disimpulkan jika tugas serta fungsi lain dari sabuk gilir ini, sebagai berikut:

    1. Penggerak Camshaft pada mesin lalu mulai bekerja dengan cara bergerak memantau bagaimana lingkar putaran mobil bisa berputar sebagaimana mestinya.
    2. Pembuka dan penutup pada mesin klep dimana bagian pada crankshaft dan camshaft nantinya akan berputar berdasarkan ritme mesin yang membuat mesin klep agar terbuka dan tertutup.

    Kapan Harus Mengganti Timing Belt?

    Tentunya karena termasuk komponen utama dan selalu bekerja setiap mesin kendaraan hidup, maka Anda pun harus memahami beberapa tips berikut ini, tetap kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengganti sabuk ini, sebagai berikut:

            1. Suara Mesin Berubah

    Tanda pertama yang harus dikenali adalah lewat suara mesin kendaraan Anda. Ketika timing belt mengalami kerusakan, maka akan memberikan dampak pada suara mesin yang akan terdengar tidak normal. Ini disebabkan karena tidak adanya proses pembukaan dan penutupan di bagian klep mobil dan membuat proses pembakaran terhambat.