Berita

    Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Puasa

    Berkendara saat puasa lebih melelahkan dibandingkan dengan berkendara pada hari-hari biasa. Sebab saat kondisi berpuasa, Anda bisa saja merasa lapar, gula darah rendah, atau dehidrasi. Sehingga akan kehilangan fokus, jadi lekas lelah, bahkan mengantuk dan jadi tidak sabaran.

    Namun bukan berarti Anda harus berpuasa berkendara juga selama Ramadan bukan? Justru Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri agar kondisi berpuasa tidak menjadi penghalang dalam kelancaran Anda berkendara. 

    Pada artikel ini akan dibahas tips-tips yang aman saat berkendara di bulan puasa. Maka demikian, saran terbaik untuk Anda sebaiknya tidak melewatkan pembahasan informatif berikut!

    Tips Berkendara Saat Puasa

    Saat berpuasa, tubuh kita kekurangan banyak cairan atau bahkan merasa kurang istirahat yang cukup. Tidak jarang efek yang ditimbulkan adalah lemas dan rasa kantuk. 

    Jika Anda harus berkendara sehari-harinya, maka saatnya Anda menjadi lebih waspada dan berhati-hati. Apa saja yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut adalah jawabannya:

     

    Mengatur Istirahat yang Cukup

    Jika Anda sudah sibuk dalam keseharian, tentu kegiatan Anda akan bertambah dengan aktivitas di bulan puasa. Bisa jadi Anda akan kehilangan waktu istirahat seperti biasanya. Namun sebaiknya Anda tetap dapat mengatur waktu istirahat Anda.

    Jangan sampai tidur terlalu larut, jika masih bisa disempatkan dapat mengambil waktu tidur setelah ibadah subuh. 

    Dengan istirahat yang cukup selama 7 – 8 jam sehari, maka cukup untuk membuat badan Anda terasa lebih bugar. Anda bisa mengatur waktu tidur Anda sedemikian rupa.

     

    Pemenuhan Gizi yang Cukup

     

    Meski sedang berpuasa, sangat perlu bagi Anda untuk senantiasa mendapatkan asupan gizi yang cukup. Agar Anda memiliki tenaga untuk beraktivitas seperti biasanya, Anda memerlukan konsumsi gizi yang seimbang. 

    Maka, Anda harus tetap memperhatikan pola konsumsi Anda baik saat makan sahur atau berbuka. Jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat, sayur-mayur, buah-buahan, daging setiap harinya. 

    Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen sehingga lebih membuat tubuh Anda jadi prima. Berkendara saat berpuasa tidak akan menjadi hambatan bagi Anda.

     

    Mengatur Cara Berkendara yang Aman
     

    Karena konsentrasi Anda bisa jadi tidak seprima saat sedang tidak berpuasa, maka sebaiknya Anda tidak mengemudi di kecepatan tinggi. Jangan juga melakukan banyak maneuver secara tiba-tiba.