Berita

    Ini Penyebab Rem Tangan Pada Mobil Macet

    Jika rem tangan mobil macet, Anda tidak akan bisa menggunakan kendaraan tersebut kemanapun. Karena itu jangan mengabaikan masalah serius ini dan harus segera ditindak untuk melakukan perbaikan. 

    Namun, sebelum menuju ke pembahasan tentang cara memperbaiki rem tangan yang macet, mari ketahui dulu penyebab rem tangan mobil macet. Beberapa faktor penyebabnya ialah: 

            1. Korosi

    Korosi sudah menjadi penyebab umum rem tangan macet. Pasalnya hal ini bisa terjadi ketika air dan kotoran masuk ke dalam rem, sehingga dapat menyebabkan kabel rem putus dan mengakibatkan bantalan rem menempel pada roda belakang.

            2. Menggunakan rem tangan terlalu keras

    Ketika rem tangan sering dipakai, dapat berpotensi untuk mengalami kemacetan secara tiba-tiba. Terlebih ketika Anda menariknya terlalu keras, hingga menyebabkan sepatu rem tersangkut pada dinding tromol roda belakang. Alhasil, rem pun mengalami macet sewaktu ingin dipakai. 

            3. Memakai rem terlalu lama

    Idealnya, gunakan rem tangan mobil untuk waktu yang singkat. Sebab, ketika rem dipakai terlalu dapat menyebabkan beberapa kerusakan. 

    Kerusakan yang bisa terjadi seperti kabel rem meregang, berkarat, atau putus. Jika mobil Anda memiliki rem tangan hidrolik, kaliper rem juga bisa mengalami masalah serius yang sejenis. 

    Tips Mengatasi Rem Tangan Mobil yang Macet

    Usai mengetahui penyebab rem tangan mobil macet, mari bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. 

    • Situasi #1 Rem sudah mulai berkarat

    Ketika rem sudah mulai berkarat, umumnya Anda akan membutuhkan seorang mekanik profesional untuk memperbaikinya. Namun, tergantung pada seberapa jauh karat telah berkembang, Anda mungkin saja dapat melonggarkan karat tanpa memerlukan bantuan montir.

    Jika hanya ada sedikit karat, ada kemungkinan Anda bisa melepaskan rem tangan dengan menginjak dan melepaskan pedal rem berulang kali. Namun, jika karat telah berkembang, ini tidak mungkin dilakukan.

    • Situasi #2 Menggunakan rem tangan mobil terlalu keras

    Jika rem macet karena terlalu keras dipakai, Anda bisa memperbaikinya dengan menginjak pedal rem secara berulang. Namun, jika tidak berhasil langsung bawa ke bengkel dan serahkan pada ahlinya. 

    Sebab, menekan rem terlalu kuat dapat mengakibatkan kabel merenggang, sepatu rem atau kaliper bagian belakang menempel dan mencegahnya lepas dari roda dengan baik. Untuk itu, jika masalah sudah serius, segera serahkan ke montir profesional. 

    • Situasi #3 Rem dipasang terlalu lama