Berita

    Ini Dia Cara Yang Paling Ampuh Mengusir Tikus Di Mesin Mobil

    Akan sangat berbahaya jika ada tikus di mesin mobil. Hewan pengerat ini bisa menggigit kabel yang membuat kinerja mesin mobil terganggu. Sehingga bisa membahayakan pengemudi saat berkendara.

    Kap mesin mobil bisa menjadi tempat tikus bersarang. Pasalnya tikus menyukai lokasi yang gelap, lembab dan kotor. Bagian dalam kap mesin mobil sendiri cenderung tertutup dan gelap, yang membuat tikus dapat betah berdiam di sana. 

    Anda bisa mengetahui apakah ada tikus di mesin mobil atau tidak dengan melihat bagian dalam kap mesin mobil. Jika Anda menemukan potongan daun, kotoran tikus dan bau tak sedap khas tikus, kemungkinan besar hewan pengerat tersebut sering diam di dalam ruang mesin. 

    Cara Ampuh Mengusir Tikus di Mesin Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tikus dari ruang mesin mobil. Berikut ini beberapa metode ampuh, yang bisa Anda coba:

    • Menyemprot Cairan Anti Tikus pada Ruang Mesin

    Cara pertama bisa dengan menyemprotkan cairan anti tikus ke bagian dalam kap mesin mobil. Supaya tikus bisa benar-benar keluar, Anda dapat menyemprotkan cairan anti tikus ke sejumlah kain. Kemudian letakkan kain di berbagai sudut mesin mobil.

    Anda juga bisa menaruh kain tersebut di dekat filter udara atau lilitkan ke selang AC. Supaya aroma dari cairan anti tikus tersebar dengan merata dan membuat tikus pergi. Karena jika menyemprotkan saja beberapa kali, aroma dari cairan tidak akan tahan lama dan tidak berefek apa-apa pada si tikus. 

    • Menyebarkan kamper atau kapur barus di ruang mesin

    Anda juga bisa memanfaatkan kamper atau kapur barus yang tidak disukai tikus. Caranya tumbuk kamper atau kapur barus hingga menjadi butiran halus. Setelah itu tinggal taburkan ke seluruh bagian mesin mobil. 

    • Rutin memanaskan mesin mobil setiap hari

    Karena tikus suka tempat yang lembab dan tenang jadi panaskan mesin mobil setiap hari. Supaya tikus tidak betah atau berani masuk ke dalam kap mesin. Selain itu memanaskan mesin mobil secara rutin juga bagus untuk performa mesin mobil. 

    • Bersihkan Mesin Mobil

    Bukan hanya bagian luar dan kabin mobil yang dijaga kebersihannya, mesin mobil juga harus sering dibersihkan. Apalagi jika sebelumnya sudah pernah ada tikus di mesin mobil. Bau dari tikus akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang. Oleh karena itu bersihkan bagian mesin mobil secara rutin.

    • Menggunakan Alat Ultrasonik