Berita

    Cara Mengusir Kecoa di Dalam Mobil dan Berkendara Menjadi Nyaman

    Kondisi mobil atau garasi yang lembab dan kotor bisa menjadi tempat kecoa bersarang di sekitar tempat tersebut. Kecoa bisa saja bersarang di dalam mobil yang menimbulkan aroma tidak sedap dan mengganggu konsentrasi saat berkendara.

    Jika sudah seperti ini, maka perlu dilakukan upaya untuk mengusir kecoa dengan membasminya sampai habis. Selain itu, perlu diterapkan juga bentuk pencegahan agar kecoa tidak bersarang di dalam mobil kembali.

    Tips Mengusir Kecoa di Dalam Mobil

    Untuk membasmi kecoa sampai habis, maka Anda harus mencari dimana kecoa tersebut bersarang. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

    • Menggunakan Bahan Kimia

    Mengusir binatang kecoa sangat efektif dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti insektisida. Cara membasmi ini lebih dikenal dengan istilah mini fogging atau fumigasi.

    Menggunakan Bahan Kimia

    Freepik.com

    Untuk melakukan pembasmian dengan bahan kimia ini, maka hindari mobil dari jangkauan anak-anak terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

    • Pilih cairan insektisida yang dikhususkan untuk membunuh serangga.

    • Tutup lubang, jendela, dan pintu yang ada di dalam mobil.

    • Semprotkan bahan kimia tersebut sebanyak mungkin ke seluruh bagian kabin mobil.

    • Pastikan pintu dan jendela mobil tertutup dengan rapat dan tunggu hingga 12 jam.

    • Kecoa akan mati terperangkap di dalam mobil yang telah diberikan semprotan insektisida,

    • Bersihkan kabin dari bangkai-bangkai kecoa dan menghilangkan bau bekas semprotan bahan kimia.

    • Menggunakan Kapur Barus

    Langkah selanjutnya adalah menggunakan kapur barus yang diformulasikan untuk membasmi serangga seperti kecoa dan semut. Benda ini dapat digunakan secara bersamaan dengan penyemprotan insektisida untuk hasil lebih efektif.

    Kecoa yang sudah menghirup kapur ini akan mati berusaha keluar meninggalkan mobil. Namun mereka akan mati karena tidak ada celah untuk keluar dan udara beracun dari semprotan insektisida tersebut.

    • Menggunakan Bahan Alami

    Selain menggunakan insektisida, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk membasmi kecoa di dalam mobil. Cara ampuh alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan baking soda.

    Karena menggunakan bahan alami, tentu ini lebih aman dari jangkauan anak-anak. Berikut panduan mengusir kecoa dengan menggunakan baking soda.

    • Campurkan bahan-bahan baking soda dengan gula atau sirup.

    • Kecoa nantinya akan memakan sirup yang sudah dicampur baking soda.

    • Kandungan baking soda ini akan membuat kecoa mati keracunan.

    • Pakai Lem Kecoa

    Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan lem perangkap kecoa yang mudah dibeli di toko maupun e-commerce dengan harga terjangkau. Penggunaan lem ini cukup instan karena sangat praktis dan ampuh membasmi kecoa dengan cepat.

    Cara menggunakannya bisa dilakukan dengan meletakkan lem di atas karpet mobil. Kecoa yang melewatinya akan terjebak dan mati secara perlahan.

    • Menjaga Kebersihan Mobil

    Tidak hanya membasmi kecoa saja, Anda juga harus menjaga kebersihan kabin maupun lingkungan di sekitar mobil. Membiarkan mobil kotor dalam jangka waktu lama tentu akan membuat kecoa cepat bersarang di dalamnya.

    Selain itu, bunga sampah atau sisa-sisa makanan yang ada di dalam kabin mobil. Perhatikan juga kebersihan lingkungan di sekitar seperti garasi atau tempat parkir mobil.

    Umumnya, kecoa sangat senang hidup di lingkungan yang kotor dan lembab. Maka dari itu, tetap selalu jaga suhu ruang garasi dan kabin mobil untuk mencegah kecoa bersarang.