Berita

    11 Tips Mudik Lebaran Hemat 2023 Menggunakan Kendaraan Pribadi

    Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, artinya waktu mudik pun semakin dekat. Mudik sendiri adalah tradisi yang dilakukan untuk menjaga silaturahmi keluarga. Untuk melakukan mudik lebaran hemat, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

    Namun, penting untuk diingat bahwa mengemudi dalam perjalanan jauh dalam rangka mudik memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Jadi, kenali apa saja tips mudik hemat yang bisa Anda terapkan.

    Berikut Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

    Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum berangkat mudik dengan kendaraan pribadi, agar perjalanan tetap aman, nyaman, dan tentunya hemat. Berikut ini beberapa di antaranya:

    Cek Kondisi Kendaraan

     

    Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang baik. Periksa semua komponen penting pada kendaraan, seperti rem, ban, suspensi, kaki-kaki, mesin, dan lain sebagainya.

    Jika diperlukan, lakukan servis atau perbaikan terlebih dahulu agar kendaraan siap menghadapi perjalanan jauh. Jangan lupa pula untuk membawa alat-alat cadangan seperti ban serep, kunci roda, obeng, tang, dan lain-lain, termasuk peralatan darurat.

     

    Hemat Bahan Bakar

    Agar mudik lebaran hemat dan lebih optimal, selalu perhatikan kecukupan bahan bakar. Pasalnya, BBM atau bahan bakar adalah salah satu faktor biaya terbesar dalam perjalanan jauh. Berikut tips menghemat bahan bakar yang bisa Anda terapkan:

    • Hindari kecepatan tinggi, karena akan memerlukan lebih banyak bahan bakar.
    • Matikan mesin kendaraan saat berhenti lebih dari 1 menit agar tidak boros bahan bakar.
    • Hindari menginap di hotel atau penginapan yang jauh dari jalan raya karena dapat memakan waktu dan bahan bakar ekstra.
    • Hindari membawa terlalu banyak barang yang tidak diperlukan. Sebab semakin berat kendaraan, semakin berat kerja mesinnya dan semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan.

     

    Sediakan Kotak P3K dan Obat-Obatan Pribadi

    Selanjutnya, siapkan kotak P3K dan obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi keadaan darurat selama perjalanan. Pastikan kotak P3K berisi perban, plester, alkohol, obat pereda nyeri, obat antidiare, dan obat-obatan penting lainnya yang dibutuhkan.

     

    Sediakan Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya