Berita

    Yuk Simak, Ini Cara Merawat Radiator Mobil

    Sudahkah Anda sering mengecek air pendingin dalam radiator? Jika belum, artinya cara merawat radiator mobil yang selama ini Anda lakukan belum benar. Padahal radiator adalah komponen yang sangat penting sebagai pendingin mesin. 

    Mobil yang mengalami kerusakan radiator seringkali terjadi dikarenakan pemiliknya salah atau jarang merawat dengan benar. Ketika rusak, temperatur mesin bisa jadi overheat dan bisa merusak sistem mesin sehingga performa mobil pun menurun. 

    Bagi Anda yang tak ingin radiator rusak, sebaiknya simak bagaimana cara kerjanya sehingga tahu cara perawatannya yang benar. 

    Apa Fungsi dari Radiator Mobil

    Semua mesin baik itu mobil atau motor yang menggunakan bahan bakar bbm memiliki komponen ruang bakar. Di mana pembakaran terjadi yang dampaknya adalah suhu panas di mesin. Saat dikendarai suhu panas tersebut akan terus meningkat dan perlu dikontrol. 

    Mengingat suhu panas tersebut bisa membahayakan mesin, maka diciptakanlah radiator yang merupakan komponen untuk mengatur temperatur supaya tidak terjadi overheat. Nantinya suhu panas yang dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke udara oleh radiator ini. 

    Radiator juga sering disebut sebagai coolant karena akan mengalirkan air melalui saluran yang awalnya sudah dipasang ke seluruh bagian mesin. Nantinya aliran air inilah yang bekerja untuk menyerap suhu panas dari mesin untuk dialirkan kembali ke radiator. 

    Baru setelahnya suhu panas dibuang ke udara. Jadi temperatur dari mobil akan tetap stabil. Radiator sendiri memiliki beberapa bagian yaitu upper tank yang fungsinya menampung air atau coolant. 

    Kemudian terdapat radiator core yang fungsinya menyalurkan suhu panas. Ada juga bagian lower tank, sirip radiator, drain plus dan radiator cap. Cara merawat radiator mobil yang benar adalah dengan memperhatikan semua komponen tersebut. 

    Tujuannya supaya mesin mobil tetap memiliki temperatur yang stabil dan terhindar dari overheat. 

    radiator

    Bagaimana Cara Kerja Radiator Mobil?

    Proses kerja radiator berawal dari coolant yang mengalir ke semua saluran yang sudah dipasang ke bagian-bagian mesin. Ketika air sudah mengalir dengan baik, maka suhu panas akan diserap dan dibawa ke radiator. 

    Suhu yang panas akan dimasukan ke upper tank dan diproses untuk menjadi dingin dan dilanjutkan ke bagian radiator core di mana suhu panas dibuang ke udara. Proses pembuangan tersebut akan berjalan dengan cepat karena adanya bantuan kipas radiator.