Berita

    Simak Penyebab & Cara Mengatasi Aquaplaning

    Di dalam dunia otomotif ada istilah yang dikenal dengan sebutan aquaplaning, atau dalam bahasa yang lebih umum kita sebut dengan istilah blong. Istilah ini mengacu pada kendaraan yang hilang kendali saat melalui jalanan yang tergenang air.

    Ketika mobil mengalami blong, maka Anda akan kehilangan kendali sehingga bisa sangat berbahaya. Bahkan dalam kondisi ini, Anda akan sulit melakukan pengereman sehingga berisiko tinggi terjadi kecelakaan.

    Penjelasan Tentang Aquaplaning

    Hilang kendali atau blong yang terjadi akan mengakibatkan mobil kehilangan daya cengkramnya. Inilah yang menjadi penyebab utama dari kondisi tersebut. Istilah ini juga sering disebut dengan istilah hydroplaning, karena sebab utamanya yaitu genangan air, seperti banjing maupun hujan.

    Genangan air tersebut akan membuat mobil sulit melaju sehingga berpotensi tergelincir. Di sisi lain, blong juga bisa diakibatkan oleh kondisi dan bobot kendaraan yang tidak baik.

    Bahaya Blong Pada Genangan Air

    Hilangnya daya cengkram mobil tidak hanya bisa terjadi pada genangan air hujan saja. Selain itu juga bisa karena air yang diakibatkan oleh kendaraan lain yang lewat. Hal-hal ini bisa membahayakan pengemudi maupun penumpang.

    Ban mobil tidak bisa Anda kendalikan karena daya cengkramnya yang menurun. Terutama jika ban mobil Anda sudah sangat tipis. Kondisi jalanan yang tergenang air dan ban yang tipis akan menyebabkan blong semakin tinggi.

    Faktor lain yang bisa menyebabkan blong yaitu bobot mobil yang tidak ideal dan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di jalan berair.

    Cara Mengatasi 

    Pada dasarnya, kondisi aquaplaning ini bisa Anda atasi sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Berikut cara-cara mengatasinya.

            1. Memegang Setir Secara Baik dan Benar

    Untuk mengurangi potensi kecelakaan, peganglah setir mobil dengan lurus dan sigap. Pada saat mobil susah untuk Anda kendalikan, maka Anda harus standby agar bisa mengendalikannya melalui genangan air.

            2. Mengerem Mobil Secara Perlahan

    Untuk mencegah kehilangan kendali yang lebih parah, lakukanlah pengereman secara halus. Rem mobil secara perlahan ketika melewati jalan yang licin. Tujuannya yaitu agar mobil tidak tergelincir.

    Pengereman yang halus akan membantu mobil agar tetap bisa dikendalikan dengan mudah. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan kendali lebih parah.