Berita

    Ketahui Fungsi Evaporator AC Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya

    Demi kenyamanan penumpang saat berkendara, setiap mobil dilengkapi dengan pendingin atau AC. Salah satu komponen AC yang sangat penting adalah evaporator. Lalu, apa fungsi dari evaporator AC mobil dan seperti apa cara kerjanya? berikut ulasannya. 

    Fungsi-fungsi Evaporator 

    AC sendiri sebenarnya tidak mendinginkan kendaraan, AC bekerja menyerap panas di dalam mobil lalu mengubahnya menjadi udara sejuk. Nah komponen AC yang bertugas menyerap panas dan mengeluarkan hawa sejuk disebut dengan evaporator. 

    Evaporator terbuat dari bahan alumunium dan biasanya terletak di dalam dashboard atau kabin mobil. Lalu, apa saja fungsi evaporator?

    1. Menyerap Panas

    Fungsi evaporator AC mobil adalah menyerap udara panas. Ketika udara di dalam mobil panas, maka evaporator akan menyerap hawa panas dengan dibantu  oleh blower. Kemudian panas tersebut akan disalurkan evaporator ke refrigerant/bahan pendingin. 

    Di dalam evaporator terdapat bahan pendingin yang disebut dengan refrigerant/ freon. Ketika hawa panas bertemu gas freon, maka akan hawa panas pun akan berubah menjadi dingin. 

            2. Mengeluarkan Hawa Dingin 

    Fungsi lain dari evaporator adalah menyalurkan hawa dingin ke udara. Setelah udara di dalam refrigerant menjadi dingin, evaporator akan mengeluarkan udara dingin dengan bantuan blower melalui sirip dashboard atau kabin sehingga udara di dalam mobil menjadi sejuk.

    Jenis-Jenis Evaporator

    Ada tiga jenis evaporator yang biasa digunakan dalam AC mobil, diantaranya yaitu serpentine, flat fin dan drawn cube. Serpentine merupakan evaporator yang memiliki bentuk seperti huruf s dan sedikit melengkung. 

    Flat fin adalah evaporator yang terbuat dari bahan logam dan memiliki bentuk pipih. Bentuk siripnya sejajar dan rapi. 

    Sedangkan Drawn cube adalah evaporator yang paling banyak dipakai di mobil. Drawn cube memiliki lubang yang sangat memudahkan udara keluar dari blower. 

    Dari ketiga jenis evaporator tersebut semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengeluarkan hawa dingin hanya bentuknya saja yang berbeda. 

    Cara Kerja Evaporator AC

    Evaporator akan menyerap udara panas di dalam mobil kemudian panas akan bertemu dengan bahan pendingin atau refrigerant. Refrigerant yang memiliki udara dingin akan diuapkan sehingga terjadi pengembunan di permukaan evaporator dan udara panas berubah menjadi dingin.